Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Zunairah: Wahai, Abu Jahal! Sebenarnya, Latta dan Uzza Itu Buta!

0 2

Satu di antara hamba sahaya Muslim adalah Zunairah. budak Abu Jahal. Karena keimanannya dalam Islam itulah, dia ditanyai Abu Jahal. “Benarkah kamu telah menganut agama Islam?”

“Benar. Aku percaya pada seruan Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Karena ituIah, aku mengikutinya.” jawab Zunairah.

Untuk menggoyahkan keyakinan budaknya itu, Abu Jahal bertanya kepada kawan-kawannya. “Hai. Kawan-kawanku! Apakah kalian juga mengikuti seruan Muhammad?”

“Tidaaak!!!” jawab mereka serempak.

“Nah, kalau memang apa yang dibawa Muhammad itu baik, tentu mereka akan lebih dahulu mengikutinya daripada kamu yang hanya seorang budak!” kata Abu Jahal melecehkan budaknya. Lalu, dipukullah Zunairah secara keji hingga matanya luka parah dan akhirnya menjadi buta.

“Matamu buta akibat kamu masuk Islam. Coba kalau kamu mau meninggalkan agama Muhammad, matamu akan sembuh kembali.” bujuk Abu Jahal.

Betapa sakit hati Zunairah mendengar penghinaan majikannya itu. “Kalian semua adalah pembohong, tidak bermoral! Latta dan Uzza yang kalian sembah itu tidak akan bisa berbuat apa-apa. Apalagi memberi manfaat dan mudarat!” katanya.

Mendengar itu, Abu Jahal semakin marah. Maka, dipukullah Zunairah sekeras-kerasnya sambil berteriak kencang, “Wahai, Zunairah! Ingatlah kepada Latta dan Uzza. Mereka berhala sembahan kita sejak nenek moyang kita. Tidak takutkah jika mereka nanti murka kepadamu? Tinggalkanlah segera agama Muhammad yang melecehkan kita!”

“Wahai, Abu Jahal! Sebenarnya, Latta dan Uzza itu buta. Lebih buta daripada mataku yang buta akibat siksaanmu ini. Meskipun mataku buta, Allah subhaanahu wa ta’ala tidak akan sulit mengembalikannya menjadi terang, tidak seperti tuhanmu Latta dan Uzza itu,” jawab Zunairah tegas.

Berkat kekuasaan Allah, esok paginya mata Zunairah yang buta akibat siksaan Abu Jahal kembali sembuh seperti sedia kala. Abu Jahal yang melihatnya sangat heran. Namun, Abu Jahal tetap dalam kekafirannya. Dia malah mengabaikan bukti kebenaran iman Zunairah dengan berkata sinis, “Itu pasti karena sihir Muhammad,” katanya sambil kembali menyiksa hambanya.

Untunglah, saat itu Abu Bakar datang. Dia kasihan melihat Zunairah disik-sa oleh majikannya. Maka, Abu Bakar pun segera membeli Zunairah dari Abu Jahal dan membebaskannya sebagai manusia yang merdeka. []

Sumber: 100 Kisah Islami Pilihan Untuk Anak-anak – Hc/ Penulis: Salman Iskandar/ Penerbit: Mizan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline