Picture: Pixabay.com

Zainab Binti Khuzaimah, Ibu Kaum Miskin

Zainab binti Khuzaimah adalah istri Rasulullah SAW. Yang dikenal dengan kebaikan, kedermawanan, dan sifat santunnya terhadap orang miskin.

Zainab termasuk seorang diantara mereka yang mendapat perhatian dari Rasulullah karena suaminya yaitu Abdullah bin Jahsy syahid dalam perang Uhud.

Zainab merupakan seorang istri yang butuh perlindungan. Sepeninggal suaminya ia menjadi janda yang cukup memprihatinkan.

Rasulullah menghapus penderitaannya dengan melamar Zainab melalui seorang utusan khusus. Setelah menikah Zainab hidup dengan bahagia bersama Rasulullah begitu pun Rasulullah bahagia bersama Zainab.

Zainab merupakan istri Rasulullah yang terkenal dengan sifat murah hati, kedermawanannya dan sifat santunnya terhadap kaum dhuafa, sehingga ia disebut dengan ‘Ummul Masakin’ atau ‘Ibu kaum miskin’. Zainab dikenal sebagai Ummul Masakin sejak zaman jahiliyah.

Sifat murah hatinya zainab sudah tertanam dari masa jahiliyah sebelum ia mengenal Islam sampai ia mengenal Islam. Padahal pada masa itu Zainab belum mengetahui keutamaan menyantuni orang-orang miskin.

Sayang, hidupnya bersama Rasulullah tidaklah lama . Zainab harus kembali kepada Allah setelah dua atau tiga bulan mendampingi Rasulullah. Zainab merupakan istri Rasulullah yang wafat setelah Khadijah. []

Sumber: Bilik-Bilik Cinta Muhammad/ Penulis: Nizar Abazhah/ Penerbit: Zaman/ 2011

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Teruslah Maju, Wahai Rasulullah

Sa'ad bin Mu'adz, tokoh suku Aus dan pemuka Anshar, berdiri dan berkata, "Demi Allah, benarkah yang engkau maksudkan adalah kami?"

you're currently offline