Picture: The Simpsons

Yang Terluka Digendong oleh Yang Terluka

Rafi’ bin Sahl al-Ausi al-asyhaly bersama saudaranya Abdullah bin Sahl ikut dalam perang Uhud bersama dengan Rasulullah.

Mereka berdua tidak memiliki kendaraan sehingga untuk pulang dari perang Uhud mereka berjalan kaki. Mereka berdua pulang dalam kondisi terluka.

Tatkala terdapat seruan untuk melakukan jihad, Rafi’ berkata kepada saudaranya, “Apakah kita akan menyia-nyiakan kesempatan ini bersama Rasulullah?”

Sekali pun mereka dalam keadaan terluka mereka langsung menuju Rasulullah SAW. Luka Rafi’ lebih ringan daripada Abdullah, sehingga Rafi’ harus menggendong Abdullah untuk bisa sampai kepada Rasulullah.

Ketika Isya mereka baru tiba di tempat Rasulullah. Orang-orang pada saat itu sedang menyalakan api. Mereka berdua dibawa menuju Rasulullah. Pada saat itu yang berjaga malam ialah Abbad bin Bisyr. Ia mengantar keduanya kepada Rasulullah.

Rasulullah berkata, “Mengapa kalian terlambat?”

Mereka berdua akhirnya menjelaskan perihal keterlambatannya sampai di tempat Rasulullah. []

Sumber: Nabi Muhammad di Hati Sahabat/ Penulis: Walid al-A’zhami/ Penerbit: Qalam/ 2016

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline