Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Yang Menyandang Gelar Al-amin

0 152

Sejak masa kanak-kanak, hingga dewasa dan sampai diangkat menjadi Rasul, beliau terkenal sebagai seorang yang jujur, berbudi luhur, dan memiliki kepribadian yang unggul.

Sebab sifatnya yang selalu bersifat jujur tersebut, gelar “Al-amin” disandangnya. Pun tiada satu cela yang dapat menjadi tuduhan baginya. Tingkah lakunya amat jauh dari orang kebanyakan pada masa itu.

Guna menutupi keperluan hidupnya sehari-hari, beliau mencari nafkah sendiri lantaran kedua orangtuanya tidak meninggalkan harta warisan yang cukup. Ya, keadaan membuatnya dewasa lebih cepat.

BACA JUGA: Pujian dari Allah untuk Sahabat Nabi

Adapun sebagai bakal pemimpin umat, sedari kecil Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam telah memilki bakat yang luar biasa. Di antaranya, yaitu kecerdasan berpikir, ketajaman otak, kehalusan perasaan, kekuatan ingatan, kecepatan tanggapan, serta kemauan yang keras.

Untuk menyiapkan dirinya, bertahannuts (menerima wahyu pertama kali) ini dipilihnya tempat di sebuah gua kecil bernama “Hira”. Itu terdapat di Jabal Nul (Bukit Cahaya) yang terletak kisaran dua atau tiga mil sebelah utara kota Makkah. []

Sumber: 25 Nabi dan Rasul/ Karya: MB. Rahimsyah dan Rizky Gunawan/ Penerbit: CV. Pustaka Agung Harapan

BACA JUGA: Ke manakah Rasulullah Melarikan Diri?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline