Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Wahai Ayah, Surga Firdaus Adalah Tempat Tinggalmu

0

Dalam keadaan yang kurang baik Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berkata kepada putrinya Fatimah, “Tidak ada sakit lagi bagi ayahmu setelah ini.”

Sontak saja perkataan itu membuat Fatimah menangis tersedu-sedu.

BACA JUGA: Penghujung Hayat Fatimah Az-Zahra

Dan itulah awal kepergian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, setelah melakukan haji yang terakhir (Hujjatul wada’). Beliau telah meletakkan dasar-dasar Islam dan Allah telah menyempurnakan dienul Islam.

Tatkala beliau wafat, Fathimah berkata, “Wahai ayah, engkau telah memenuhi panggilan Rabb-mu… wahai ayah, Surga Firdaus adalah tempat tinggalmu… wahai ayah, kepada Jibril kami beritahukan wafatmu.”

Ketika Rasulullah dikubur, Fathimah berkata, “Wahai Anas, bagaimana kalian tega menimbun ayah dengan tanah?’

Maka menangislah Fathimah dan kaum muslimin seluruhnya atas kematian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Namun cukup terobati dengan mengingat firman Allah, “Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang Rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang Rasul…” (QS. Ali Imran Ayat 144)

Dan juga firman Allah, “Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia pun sebelum kamu (Muhammad), maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal?” (QS. Al-Anbiya Ayat 34)

BACA JUGA: Harta, Ujian bagi Umat Nabi Muhammad SAW

Tak lama setelah wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, Fathimah pun sakit, namun hal itu tidak membuatnya bersedih. Kabar dari ayahnya sebelum wafat, membuatnya bahagia dan gembira bahwa dirinya adalah anggota keluarga yang akan bertemu dengan Rasulullah di Surga. Fathimah wafat pada tanggal 3 Ramadhan 11 Hijriyah tatkala berumur 27 tahun. []

Sumber: Mereka Adalah Para Shahabiyat. At-Tibyan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline