Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Wafatnya Ummu Habibah

Dari seluruh istri Rasulullah ﷺ dua istri beliau meninggalkan beliau terlebih dahulu ke sisi Allah ﷻ, yaitu Khadijah bin Khuwailid dan Zainab binti Khuzaimah. Sedangkan istri Rasulullah yang lainnya setelah Rasulullah ﷺ wafat, salah satunya adalah Ummu Habibah.

Setelah Rasulullah ﷺ wafat, Ummu Habibah hidup menyendiri di rumahnya hanya untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah ﷻ. Dalam kejadian fitnah besar atas kematian Utsman bin Affan, dia tidak berpihak kepada siapa pun. Bahkan ketika saudaranya, Mu’awiyah bin Abu Sufyan, berkuasa, sedikit pun dia tidak berusaha mengambil kesempatan untuk menduduki posisi tertentu. Dia juga tidak pernah menyindir Ali bin Abi Thalib lewat sepatah kata pun ketika bermusuhan dengan saudaranya itu.

Read More

Ummu Habibah banyak meriwayatkan hadits Nabi yang kemudian diriwayatkan kembali oleh para sahabat. Di antara hadits yang diriwayatkannya adalah: “Aku mendengar Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang shalat sebanyak dua belas rakaat sehari semalam, niscaya Allah akan membangun baginya rumah di surga.’ Ummu Habibah berkata, “Sungguh aku tidak pernah meninggalkannya setelah aku mendengar dari Rasulullah ﷺ.” (HR. Muslim)

Ummu Habibah wafat pada tahun ke-44 hijriyah dalam usia tujuh puluh tahun. Jenazahnya dikuburkan di Baqi’ bersama istri-istri Rasulullah yang lain. Semoga Allah memberinya kehormatan di sisi-Nya dan menempatkannya di tempat yang layak penuh berkah. Aamiin. []

Sumber: Kisah Hikmah Islami Terbaik/Turi Putih

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline