Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Umar Mengantarkan Dua Ekor Unta Zakat yang Tertinggal

0

Ketika Utsman bin Affan menengok hartanya di ‘Aliyah di saat hari yang sangat panas, dia melihat seorang laki-laki menggiring dua ekor unta muda, sedangkan panas terhampar di permukaan bumi seperti permadani, maka Utsman berkata, “Mengapa orang itu tidak tinggal saja di Madinah sampai panas ini berlalu kemudian dia berangkat?”

Kemudian laki-laki itu mendekat. Utsman berkata kepada pembantunya, “Lihat orang itu, siapa dia?”

Lalu pembantunya melihatnya lalu berkata, “Seorang laki-laki yuang menutup dirinya dengan kain sedang menggiring dua ekor unta muda.”

Kemudian laki-laki itu semakin dekat. Utsman berkata kepada pelayannya, “Coba kamu lihat lagi, siapa dia?” Lalu dia melihatnya ternyata orang itu adalah Umar bin Khaththab.

Pelayannya berkata, “Ini adalah Amirul Mukiminin.”

Maka Utsman berdiri. Dia melongokkan kepadanya dari pintu, tiba-tiba dia merasakan angin panas bertiup sehingga dia mengembalikan kepalanya ke dalam, hingga laki-laki itu dekat kepadanya, maka Utsman berkata, “Apa yang membuatmu keluar pada saat seperti ini?”

Umar menjawab, “Dua ekor unta muda tertinggal dari kawanan unta zakat. Unta-unta zakat telah berlalu. Aku ingin membawa keduanya ke hima (tempat mengurus unta zakat) karena aku khawatir keduanya hilang dan Allah meminta pertanggung jawaban kepadaku.”

Maka Utsman berkata, “Wahai Amirul Mukminin! Singgahlah untuk minum dan berteduh, biar kami yang mengurusi keduanya.”

Umar berkata, “Kembalilah ketempat berteduhmu wahai Utsman!”

Maka Utsman berkata, “Barangsiapa ingin melihat kepada seorang laki-laki yang kuat lagi amanah, hendaklah dia melihat kepada orang ini.” Lalu dia kembali kepada kami dan merebahkan dirinya. []

Sumber: Shahabat-Shahabat Rasulullah/Penulis:  Syaikh Mahmud al Mishri/ Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline