Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Umar bin Khattab Memasukki Yerusalem tanpa Penjaga dan Berjalan Kaki

0

Yerusalem diperintah secara opresif oleh Kekaisaran Romawi selama 500 tahun, diikuti oleh Kekaisaran Bizantium. Selama masa ini ada pemberontakan orang Yahudi di mana banyak orang Kristen terbunuh. Orang-orang Yahudi kemudian memerintah selama 15 tahun sampai Kekaisaran Bizantium kembali dan orang-orang Yahudi dibantai dan dilarang masuk kota.

Delapan tahun kemudian, Khilafah mengundang Yerusalem untuk bergabung dengan damai. Patriark Sophronius setuju untuk menyerahkan kota tersebut dengan syarat bahwa Umar bin Khattab—yang saat itu menjadi khalifah—menandatangani kontrak sendiri.

Umar pergi ke Yerusalem tanpa penjaga, dengan hormat turun dari kudanya untuk memasuki kota Yerusalem dengan berjalan kaki, mengenakan jubah usang untuk akhirnya memberikan hak kepada orang Kristen dan Yahudi yang akan tinggal di bawah pemerintahan Islam di ‘Kovenan dari Umar’.

Related Posts

Gempa Bumi di Zaman Rasulullah, ini Penyebabnya

Untuk pertama kalinya di kota-kota sejarah panjang itu tidak ada pertumpahan darah, tidak ada perampokan dan tidak ada pembantaian. Mereka yang ingin pergi diizinkan untuk memiliki semua harta milik mereka. Mereka yang ingin tinggal dijamin perlindungan atas kehidupan mereka, harta benda mereka, dan tempat ibadah mereka – hak atas kebebasan sipil dan agama.

Selanjutnya, Umar mengundang orang-orang Yahudi yang dilarang oleh Bizantium kembali ke Yerusalem, bebas untuk menunaikan agama mereka dan memiliki tempat ibadah sendiri, menikmati hak-hak perlindungan bersama dengan orang lain. Hasilnya, mayoritas penduduk kota melihat keindahan cara hidup ini dan menerima Islam.

Umar bin Khattab, Allah SWT menempatkannya di surga bersama Nabi. []

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline