Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Umar bin Abdul Aziz Berani Menentang Khalifah

0

Umar bin Abdul Aziz kerap tidak sependapat dengan Khalifah al-Walid bin Abdul Malik dalam berbagai masalah. Oleh karena itu, keberadaannya di dekat khalifah tidak sunyi dari masalah. Dalam mengukuhkan kekuasaannya, al-Walid berpegang kepada para pejabat yang kuat, yang menundukkan orang-orang dengan kekuatan, sekalipun dibarengi dengan begitu banyak tindakan zalim.

BACA JUGA: Upaya Hajjaj Menjatuhkan Umar bin Abdul Aziz

Sementara, Umar melihat bahwa penegakan keadilan dapat menjamin stabilitas kekhilafahan dan kepatuhan mereka kepada perintah sultan. Umar pernah berkata, “Al-Walid di syam, Hajjaj di Irak, Muhammad bin Yusuf—saudara Hajjaj di Yaman, Utsman bin Hayyan di Hijaz, Qurrah bin Syuraik di Mesir, demi Allah, bumi telah penuh dengan kezaliman.”

Read More

Bentengilah Kota dengan Keadilan!

Ketika al-Walid hendak mencabut hak Sulaiman sebagai penggantinya kelak dan ingin membaiat putranya sebagai khalifah sesudahnya, Umar bersikap tegas. Ia tidak menyetujui keinginan al-Walid. Umar berkata, “Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya kami berbaiat untuk kalian berdua dalam satu upacara. Bagaimana mungkin kami mencabut baiat kami untuknya dan membiarkan baiat kami untukmu?”

BACA JUGA: Inilah Isi Pidato Ali bin Abi Thalib di Hari Wafatnya Khalifah Abu Bakar

Kontan saja, al-Walid marah dan mencoba menggunakan kekerasan agar Umar mau menyetujui kehendaknya. Al-Walid benar-benar marah dan tersinggung oleh sikap Umar. Dia menahan Umar di sebuah rumah dan tidak ada seorang pun yang boleh masuk, hingga akhirnya Ummul Banin, saudara Umar sekaligus istri al-Walid terpaksa ikut campur. Akhirnya, rumah dibuka setelah tiga hari penahanan. Umar tampak loyo dengan kepala tertunduk. []

Sumber: The Great of Two Umar/ Penulis: Fuad Abdurrahman/ Penerbit: Zaman, 2016

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More