Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Ucapan Terbaik Ialah Kebenaran

0

Suatu hari, Nabi Muhammad pernah berkata tentang kebijaksanaan yang agung, bahwa kebenaran akan membawa pada kehidupan yang lebih baik, dan bahwa kamu harus menghindarai orang yang berdusta, karena hal itu akan membawa pada kehidupan yang buruk.

Tentu saja, sifat yang paling mulia, baik bahi laki-laki maupun bagi perempuan, adalah kejujuran. Kejujuran menyinari masa depan, menunjukan kemurnian jiwa. Orang yang berdusta mengotori batinnya dan tenggelam lebih dalam dan lebih dalam lagi ke dalam malapetaka.

Rasulullah bersabda, “Ucapan terbaik bagiku adalah kebenaran. Pedagang yang jujur dan terpercaya akan diangkat pada hari kiamat bersama para Nabi.”

Read More

Ketakutan Ali Bin Abi Thalib Menjelang Kewafatannya

Hal itu yang ia ajarkan kepada setiap orang yang berada didekatnya. hingga suatu saat ketika Khadijah mengambil seorang budak di pasar yang mana budak itu ialah Zaid putra dari Haritsah yang sengaja dijual karena kafilah mereka diserang.

Namun Nabi tidak setuju dengan perbudakan, ia memperlaukan Zaid dengan baik bukan sebagai seorang budak. Tiba waktunya ketika ayahnya Zaid ingin menebusnya, Nabi menolak. Nabi mempersilahkan ia membawa putranya jika memang Zaid mau ikut dengannya.

Alangkah terkejutnya ketika Haritsah mendengar jika putranya mengatakan ia mencintai Nabi, dan ia merasa lebih senang untuk tinggal bersamanya. Setelah itu Nabi mengajak Zaid ke Ka’bah, dan di hadapan ayah Zaid dan pamannya, beliau mengumumkan kepada semua orang bahwa anak itu sekarang telah menjadi anaknya. Haritsah dan adiknya pun pergi dengan hati tenang, karena ia tahu jika Zaid berada di tangan yang baik.[]

Sumber: Nabi Muhammad Penyempurna Para Nabi/ Penulis: Saniyasnain Khan/ Penerbit: Nuansa, 2009

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More