Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Tujuan Mukjizat

Setiap mukjizat yang terjadi pada Nabi tidak dapat dipungkin bahwa Mukjizat itu pasti memiliki. Sedangkan  tujuan mukjizat Rasulullah ada dua tujuan: Tujuan umum dan khusus.

Adapun tujuan umum terjadinya mukjizat adalah untuk membangun dalil bahwa Rasul yang tampak padanya adanya mukjizat adalah benar dengan apa yang dia klaim dan apa saja yang dia serukan. Dengan demikian, keberadaan mukjizat menduduki posisi firman Allah Swt: Hambaku benar dengan setiap apa yang dia sampaikan tentang aku.

Read More

Rasulullah: Fitnah Apakah yang Diturunkan Allah pada Malam Ini?

Sedangkan tujuan khusus terjadinya mukjizat,  hal itu tercermin pada pengaruh yang ditinggalkan oleh mukjizat ini. Dengan demikian, tujuannya sebesar pengaruh dan sebesar mukjizat itu sendiri. Mukjizat yang paling besar pengaruhnya adalah al-Qur’an al-Karim. Kemudian disusul oleh mukjizat Isra’ dan Mi’raj. Dengan demikian, posisi Isra’ dan Mi’raj di antara mukjizat-mukjizat adalah nomer dua setelah al-Qur’an al-Karim. Kami dapat memastikan bahwa kejadian Isra’ dan Mi’raj merupakan kejadian yang diprogram, artinya kejadian itu termasuk dalam agenda yang telah ditetapkan oleh Allah Swt.

Sumber: Sirah Nabawiyah/Penulis: DR. Muh. Rawwas Qol’ahji/ Penerbit: al-Azhar Press/ Maret, 2013

 

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline