Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Tokoh Sufi yang Pertama Kali Mengemukakan Teori Kelepasan dan Kelanjutan

Meski hanya menjadi seorang tukang sepatu, namun Abu Sa’id Ahmad bin Isa Al-Kharraz mendapat julukan “Lidah sufi”. Dia mendapat julukan demikian karena tidak seorang pun di dalam masyarakat sufi ini yang dapat menerangkan kebenaran mistik seperti dia.

Dia telah mengarang empat ratus buah buku dengan tema disasosiasi dan kekokohan dari segala macam pengaruh. Dan sesungguhnya dia adalah seorang tokoh yang sulit di cari tandingannya.

 

Abu Sa’id  al-Kharraz pernah pula berkata, “Kepada  semua manusia diberi pilihan, berada jauh atau dekat kepada Allah. Aku sendiri memilih berada jauh dari Allah, karena aku tidak kuat menanggungkan beban kehampiran itu. Secara sama, Lukman pernah berkata, ‘Kepadaku diberi pilihan, kebijaksanaan atau kesanggupan untuk melihat kejadian di masa mendatang. Aku memilih kebijaksanaan karena aku tidak kuat menanggungkan beban dari kesanggupan melihat ke masa depan itu.”

Ia pernah bermimpi bertemu dengan Iblis. ia mengambil sebuah tongkat untuk memukulnya. Tetapi di saat itu juga terdengar olehku seruan dari langit, “Ia tidak takut kepada tongkat itu, yang ditakutinya adalah cahaya di dalam hatimu.”

Kemudian aku berkata kepada Iblis, “Kemarilah!”

Si Iblis menjawab, “Apalah dayaku terhadapmu? Engkau telah mencampakkan sesuatu yang dapat kugunakan untuk menyesatkan manusia.”

“Apakah itu?” tanyaku.

“Dunia,” jawabnya.

Kemudian ketika meninggalkanku, ia menoleh ke belakang dan berkata, “Ada suatu hal kecil di dalam diri manusia yag dapat kugunakan untuk mencapai tujuanku.”

“Apakah itu?” aku bertanya.

“Duduk bersama dengan para remaja,” jawab Iblis.

Yang dimaksud ‘Duduk bersama dengan para remaja’ itu mungkin dengan obrolan yang tidak berfaedah dan hanya mendatangkan dosa. []

Sumber: Kisah Sufi/Penuls: Wawan Susetya/Penerbit: Tiga Serangkai,2006

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline