Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Tidak, Walau Hanya Sebutir Garam!

0

Kegemaran Kisra (Kaisar) Nusyirwan adalah berburu. Pemimpin Persia saat itu. Suatu hari, Bersama para Menteri dan hulubalang, ia berburu dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Setelah seharian berburu, binatang hasil buruan pun disembelih untuk kemudian disantap Bersama-sama. Namun seribu namun, kiranya hidangan tak akan sedap karena tak ada garam. Tanpa garam, daging panggang akan hambar rasanya.

BACA JUGA: Allah Memberi Karunia kepada Hamba-Nya dengan Satu Pilihan

“Kita tak punya garam,” kata seorang hulubalang.

“Di dekat tempat ini ada desa berpenduduk. Di sana mungkin ada penjual garam. Carilah ke sana. Belilah dengan harga layak dan jangan memaksa. Kalau tak ada yang mau menjual garam, itu karena mereka membutuhkannya,” sahut Kisra.

“Kalau tak ada juga, carilah di tempat lain,” lanjut sang Kisra.

“Baiklah baginda.”

Seorang Menteri merasa heran, bagaimana bisa sang Kisra begitu rinci memerintah hulubalang. Padahal hanya perkara garam, yang sangat sepele dan tak berharga.

“Baginda,” kata menteri itu. “Garam itu barang yang sangat murah, untuk kepentingan seorang Kisra, rakyat tak akan keberatan memberikannya cuma-cuma.”

BACA JUGA: Umar : Apakah Aku Ini Seorang Raja Atau Khalifah?

“Aku tak akan mengizinkan kalian merampas hak rakyat, walaupun sebutir garam,” jawab Kisra. “Pemerasan itu berawal dari hal-hal yang kecil. Makin lama, makin besar.”

“Baginda terlalu berlebihan,” tempas menteri.

“Tidak. Walau bagaimanapun, aku tak akan mengizinkan perampassan hak dari rakyat betapapun kecilnya. Kalau kau kuizinkan merampas lima butir telur milik rakyat, kau pasti akan merampas seribu ekor ayam. Karena itu, aky tidak mengizinkan perampasan, walau hanya sebutir garam.”

Mendengar perkataan Kisra Nusyirwan, menteri, hulubalang dan semua yang ada di sana diam. Dalam hati mereka membenarkan kalimat-kalimat yang dikatakan Kisra. []

Sumber: 31 Cerita Ba’da Isya/ Karya Sofyan Mashuri

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline