Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Terhitung sebagai Kesalahannya

Sifat rahmah (kasih sayang) mengajarkan Umar bagaimana cara taat kepada agama. Karena itu Umar mengasihi setiap makhluk, hingga binatang yang tidak mengenal belas kasihan sekalipun dia mengasihinya.

Al Musayyab bin Darim meriwayatkan, bahwasannya dia pernah melihat Umar memukul seseorang dan membentaknya. Karena orang itu membebani unta di luar kemampuannya. Dan aku melihat Umar mengobati luka onta itu dengan tangnnya sendiri, seraya berkata,

“Sesungguhnya aku takut, kelak di akhirat akan ditanyakan kepadaku tentang penderitaanmu.”

Dari perkataan Umar terkias ucaoan yang bermaknakan, jikalaupun ada seekor domba yang mati di tepi sungai eufrat, aku sungguh khawatir jika nanti Allah akan menghitungnya sebagai kesalahan Umar.

Tidak tumbuh dari hati seorang Amir yang ditetapkan terhadap tanggung jawab, kecuali ditimbulkan oleh rasa kasih sayang luar biasa yang ada dalam hati. Hingga suatu ketika, ia melihat seorang kakek-kakek tua buta sedang meminta-minta di sebuah pintu. Ketika di atahu  itu orang Yahudi, dia berkata kepadanya, “Apa yang membuatmu menjadi seperti ini?”

“Aku meminta-minta karena harus membayar jizyah (pajak bagi orang kafir), kebutuhan sehari-hari, dan karena umurku sudah tua.”

Mendengar itu, Umar meraih tangannya dan membawa pulang kerumahnya. Setelah sampai di rumah, dia memberi apa yang bisa mencukupi sisi hidupnya. Kemudian mengirimnya kepada kas Baitul Mall.

Umar punberkata, “Lihat orang ini dan orang-orang seperti dia, Demi Allah! Kita tidak berlaku adil jika dimasa mudanya kita memanfaatkan dia dan setelah dia tua renta kita menelantarkannya. Sesungguhnya sedekah itu diperuntukkan bagi orang-orang fakir dan miskin. Mereka yang fakir adalah yang berasal dari Kaum Muslimin, dan orang ini diantara orang miskin yang berasal dari Ahli Kitab…” setelah itu Umar membebaskan Jizyah dan pajak dari orang itu. []

Sumber: Kejeniusan Umar/ Penulis: Abbas Mahmud AL Akkad/ Penerbit: Pustaka Azzam, 2002

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline