Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Tatkala Nabi Sulaiman Berbeda Pendapat dengan Nabi Dawud

“Dan (ingatlah kisah) Dawud dan Sulaiman, ketika keduanya memberikan keputusan mengenai ladang, karena (ladang itu) dirusak oleh kambing-kambing milik kaumnya. Dan Kami menyaksikan keputusan (yang diberikan) oleh mereka itu.” (QS. Al-Anbiya’ : 78)

Beberapa perawi menguraikan kisah ini sebagai berikut: Dua orang lelaki datang menghadap Nabi Dawud; salah seorang di antara mereka adalah pemilik tanaman, sedang yang lain adalah pemilik kambing.

Pemilik tanaman berkata, “Orang ini telah melepaskan kambingnya ke tanamanku, sehingga tidak tersisa sedikit pun darinya.”

Nabi Dawud berkata, “Pergilah, dan seluruh kambing itu menjadi milikmu.”

Pemilik kambing berpapasan dengan Nabi Sulaiman, lalu memberitahukan kepadanya keputusan yang telah diambil oleh Nabi Dawud mengenai perkara itu.

Kemudian Nabi Sulaiman menghadap Nabi Dawud seraya berkata, “Wahai Nabi, sesungguhnya keputusan mengenai perkara ini tidak seperti yang telah engkau ambil.”

Nabi Dawud bertanya, “Lantas bagaimana?”

Nabi Sulaiman menjawab, “Serahkan kambing-kambing itu kepada pemilik tanaman sehingga dia dapat mengambil manfaatnya dari susu, anak-anak dan bulunya. Kemudian serahkan tanaman itu kepada pemilik kambing agar dia menggarap ladang hingga menjadi seperti keadaan semula. Setelah itu, mereka saling mengembalikan hak milik: pemilik tanaman mengambil tanamannya, dan pemilik kambing mengambil kambingnya kembali.”

Nabi Dawud berkata, “Ya, keputusannya seperti yang kamu putuskan.”

Lalu Nabi Dawud memutuskan hukum dengan keputusan Nabi Sulaiman. []

Baca juga: Nabi Sulaiman dan Suara Tasbih Cacing Buta

Sumber : Tafsir Al-Maraghi

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline