Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Tatkala Mukminah yang Jujur Itu Berada di Garis Terdepan

0

Nusaibah menceritakan perihal dirinya: aku melihat diriku sendiri saat orang-orang berlari meninggalkan Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wasallam dan tidak tersisa rombongan kami kecuali beberapa orang yang jumlahnya kurang dari sepuluh, aku, dua anak lelakiku, dan suamiku berada di depan Nabi Shalallahu ’alaihi Wasallam.

BACA JUGA: Kisah di Balik Aroma Surga dekat Gunung Uhud

Dialah Sayidah Nusaibah binti Ka’ab bin Amru. Lebih dikenal dengan Ummu Amarah. Yang mana mengerahkan kekuatannya dengan segenap jiwa. Dia menadzarkan dirinya untuk meninggikan kalimat Allah. Pun ikut serta berperang pada hari Uhud sehingga mengalami luka-luka di tubuhnya yang jumlahnya sampai dua belas luka.

Ketika Nabi Shalallahu ’alaihi Wasallam menyeru muslimin untuk berperang ke Humra’ al-Asad, Nusaibah membalut lukanya dengan kain, namun yang dilakukannya tersebut tak dapat menghentikan aliran darahnya.

Bersama sang suami dan kedua anak lelakinya, Nusaibah ikut serta dalam Perang Uhud. Tatkala Abu Bakar mengirim pasukan ke Yamamah guna memerangi orang-orang murtad dan Musailamah al-Kadzdzab, Nusaibah ikut dalam pasukan. Kemudian, anaknya yang kedua, Abdullah menggapai kesyahidan setelah bekerja sama dengan sang ibu untuk membunuh Musailamah, musuh Allah.

BACA JUGA: Abu Thalhah Larang Rasulullah Berdiri Tegak di Medan Uhud

Sungguh, seorang muslimah yang berhasil mendidik generasi penerus. Sampai Nabi Shalallahu ’alaihi Wasallam mendoakannya supaya menjadi teman dekat beliau di surga. Dalam kalangan mukminah, ia menempati jajaran terdepan sebagai orang yang jujur. Sejarah menempatkannya di bagian depan dari sejarah umat manusia untuk menjadi teladan yang layak diikuti di segala zaman. []

Oleh: Nida Nur Fadillah

Sumber: Keistimewaan 26 Muslimah Pilihan/Karya: Ali bin Nayif asy-Syuhud/Penerbit: Ar-Rijal/2013

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline