Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Tatkala Khalifah Umar bin Khattab Mengetahui Kekeliruan Gubernurnya

0 3

Umar bin Khattab ialah Khalifah kedua yang dikenal dengan ketegasan dan kelemah lembutannya. Tersebutlah Gubernur Amru bin al-‘Ash di Negeri Kinanah, Mesir. Menjalankan kepemimpinan di bawah Khalifah Sayyidina Umar bin Khattab, Gubernur Amru bin al-‘Ash senantiasa mendapatkan pengawasan, bimbingan, dan teladan yang mengesankan.

Hingga hal yang terkecil pun tentang kepemimpinan sang Gubernur, Khalifah mengetahuinya, baik lantaran bashirah maupun laporan dari kaum Muslimin yang hilir-mudik Madinah-Mesir. Hingga suatu ketika, Gubernur Amru bin al-‘Ash melakukan kekeliruan kecil yang justru berdampak besar.

Sedianya, Gubernur Amru bin al-‘Ash hendak mendirikan masjid untuk kaum Muslimin. Setelah mengumpulkan tim dari kepemerintahannya, rencana pembangunan tersebut sempurna dengan berbagai detailnya.

Related Posts

Yang Pertama Kali Melakukan Banyak Hal

Namun, entah dari mana asalnya, rupanya Khalifah Umar bin Khattab mengetahui ada cacat kecil dalam proses pembangunan masjid tersebut. Ada tanah yang di atasnya terdapat bangunan milik seorang Yahudi, tapi luput diperhatikan oleh Gubernur Amru bin al-‘Ash. Lantas, Khalifah Umar memanggil Gubernurnya, melakukan konfirmasi untuk selanjutnya merevisi rencana proyek pembangunan masjid kaum Muslimin tersebut.

Si Yahudi yang sedianya mengetahui akan dirugikan, serta-merta terbelalak sebab hak-haknya dipenuhi oleh sang Khalifah. Lantaran kagum dengan kepemimpinan sang Khalifah, orang Yahudi itu pun mengucapkan dua kalimat syahadat dengan penuh kesadaran, setelah melihat pesoana akhlak sang pemimpin kaum Muslimin.[]

Baca juga: Tatkala Abu Ubaidah Tidak Mematuhi Umar bin Khattab

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline