Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Tatkala Kelahiran Fatimah, Sepuluh Bidadari Menemaninya

0 137

Kelahiran Sayyidah Fathimah Az-Zahra as 20 Jumadil Akhir (bertepatan dihari ini) 8 tahun sebelumۡ hijrah. Saat kelahiran mendekat. Tiadanya pertolongan dari wanita Quraisy membuat Khadijah menderita.

Tiba-tiba empat perempuan berpakaian abu-abu panjang seakan perempuan dari Bani Hasyim datang mendekati Khadijah.

Seorang dari mereka berkata, “Wahai Khadijah, jangan bersedih karena kami adalah utusan-utusan Tuhanmu kepadamu, kami adalah saudari-saudarimu. Saya Sarah, ini Asiah putri Mazahim temanmu di surga, dan ini Maryam putri Imran dan ini Kultsum saudari Musa bin Imran. Kami diutus Allah untuk melayanimu selayaknya wanita dilayani.”

Seorang dari mereka kemudian duduk di samping kanannya, seorang lagi di samping kirinya, yang ketiga di depannya, dan yang keempat di belakangnya, lalu Khadijah melahirkan Fathimah a.s. dalam keadaan suci dan disucikan.

Ketika Sayyidah Fathimah a.s. menyentuh bumi, cahaya memancar menyinari rumah-rumah di Makkah sehingga tak satu tempat pun yang tak tersinari olehnya baik di ufuk timur maupun barat bumi ini. Kemudian 10 bidadari surga datang dengan menenteng wadah air dari surga yang berisi air Al- Kautsar.

Perempuan yang duduk di depanۡ Khadijah mengambil Fathimah a.s. dan menyucikannya dengan air Al-Kautsar, lalu mengeluarkan dua helai kain yang lebih putih dari pada sutra, lebih harum dari kesturi dan ambar, lalu membungkus Fathimah dengan satu kain dan menyelimutinya dengan kain yang lain.

Llalu ia mengajaknya berbicara, dan Fathimah pun berbicara dengan dua kalimat syahadat, “Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah dan bahwa sesungguhnya ayahku adalah Rasulullah penghulu para Nabi dan bahwa suamiku adalah penghulu para washi dan keturunanku adalah penghulu para keturunan.”

Fathimah memberi salam pada mereka dan menyebut nama masing-masing mereka, mereka pun menghadirinya sambil tertawa. []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements

you're currently offline