Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Tatkala Hasrat Aisyah Tidak Tercapai

0 17

Aisyah ialah satu-satunya wanita gadis yang diperistri oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam. Maka, tidak heran jika ia memiliki sifat cemburu yang besar dibandingkan istri-istri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam yang lainnya. Seperti yang terjadi di suatu waktu saat Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam memberikan uang sedirham kepada isterinya, Aisyah. Rupanya Aisyah ingin lebih dari sekedar uang.

Maka dia berkata, “Ya Rasulullah, aku ingin sekali engkau memberitahukan di hadapan semua isterimu bahwa aku
adalah isteri yang paling kau sayangi.”

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam lalu memerintahkan Aisyah supaya mengundang isteri-isterinya untuk berkumpul, padahal pada waktu itu beliau sudah mendatangi semua isterinya dan masing-masing diberi oleh beliau uang sedirham.

Sesudah semua isteri dikumpulkan, Aisyah yakin Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam akan menyatakan di hadapan mereka bahwa dirinya adalah satu-satunya isterinya yang paling dikasihinya.

Lalu beliau bertanya kepada mereka, “Siapa yang telah aku beri uang sedirham?”

Aisyah cepat-cepat mengacungkan tangan dengan memperlihatkan uang dirham itu. Tetapi setelah ia menoleh ke kiri-ke kanan ia melihat para isteri yang lainpun semua juga mengacung dengan uang dirham di tangan masing-masing.

Melihat reaksi Aisyah demikian, Rasulullah dan para isterinya tertawa gembira, sedang Aisyah hanya bisa tersenyum kecut karena hasratnya tidak tercapai. []

Sumber: Hiburan Orang Mukmin/Penulis: Shafwak Sa’dallah Al Mukhtar/Penrbit: Gema Insani Press,1992

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline