Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Tatkala Adzan Tengah Dikumandangkan, Ini yang Rasulullah Perintahkan

0

Setelah sebelumnya umat Muslim merasa bingung, apa yang harus dilakukan agar dapat pergi ke Masjid tepat pada waktunya. Setelah berdiskusi akhirnya diberlakukanlah azan. Umat Muslim menyambutnya dengan gembira. Pasalnya, mereka dapat melaksanakan shalat berjamaah tepat waktu. Karena azan merupakan panggilan serta pengingat telah masuknya waktu shalat.

Namun, setiap kali azan dilantunkan, mereka tetap bercanda dan melakukan berbagai kegiatan dan kesibukan sesuka mereka di dalam Masjid Nabawi, Madinah. Akibatnya, suasana pun riuh rendah dengan berbagai ulah, canda, dan kegiatan mereka. Mereka tidak memedulikan azan yang sedang dilantunkan.

Related Posts

Siapakah Orang yang Paling Layak Menjadi Imam?

Melihat hal yang demikian, Rasulullah Saw. pun merasa gundah dan gerah karena masjid terasa bagaikan pasar. Maka, suatu saat beliau pun mengumpulkan kaum Muslim yang berada di masjid tersebut Setelah mereka berkumpul, beberapa saat kemudian beliau bersabda, “Wahai para Sahabatku, apabila kalian mendengar seorang muazin sedang melantunkan azan, ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muazin. Setelah itu, bacalah shalawat kepadaku. Sesungguhnya, barang siapa membaca shalawat untukku satu kali, Allah mengaruniainya sepuluh shalawat Lantas, mohonkanlah kepada Allah wasilah untukku. Wasilah adalah kedudukan di surga yang hanya kayak diberikan kepada hamba Allah, dan aku berharap menjadi hamba Allah itu. Barang siapa memohonkan wasilah kepada Allah untukku, dia berhak mendapatkan syafaat.”

Selepas mendengarkan pernyataan Rasulullah Saw. tersebut, suasana Masjid Nabawi pun menjadi tenang dan syahdu setiap kali azan dilantunkan. []

Sumber: Pesona Ibadah Nabi/ Penulis: Ahmad Rofi’ Usmani/ Penerbit: Mizan/ September, 2015

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline