Foto:All-free-download.com

Tangis Aisyah Tatkala Ingat Nabi

Aisyah binti Abu Bakar ra. meriwayatkan bahwa terkadang, Nabi tidak mencicipi daging selama enam minggu. Ketika dia menceritakan hal ini kepada Urwah, Urwah bertanya, “Bagaimana kalian hidup saat itu?”

Aisyah menjawab, “Dengan cara makan dua makanan yang hitam.”

Maksud Aisyah adalah kurma dan air yang tak terlalu jernih. Aisyah menyebut airnya gelap karena saat itu, mereka tidak memiliki air bersih yang disaring.

Bertahun-tahun setelah wafatnya Nabi, Abdurrahman bin Auf membawa membawa daging dengan roti. Begitu melihat daging dan roti tersebut, Aisyah menangis. Saat ditanya kenapa menangis, Aisyah berkata, “Nabi sampai hari wafatnya, tidak pernah makan roti gandum sampai kenyang.”

Lupakan soal dagingnya, Nabi tidak pernah makan roti gandum sampai kenyang bahkan untuk satu hari pun.

Sedangkan Aisyah, sering diceritakan bahwa ketika makanan enak diberikan kepada istri Nabi tersebut, Aisyah akan menangis. Dia akan mengatakan hal yang sama, bahwa Nabi tidak pernah makan roti atau roti, bahkan yang keras sekalipun, sampai kenyang satu hari pun dalam hidupnya. []

Artikel Terkait :

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Beginilah Akhirnya Bila Hanya Mencintai Rupa

Menyikapi teguran saudarinya, Abdurrahman berkata, “Tidakkah engkau saksikan betapa indah giginya, yang bagaikan biji delima?”

you're currently offline