Pixabay

Sungguh, Tulang Ini Memberitahuku

Setelah Rasulullah merasa tenang berada di Khaibar pasca penaklukkannya, datang kepada beliau Zainab binti al-Harits, istri Salam bin Al-Maksyam, menghadiahkan kambing panggang. Ia sebelumnya bertanya bagian manakah yang paling disukainya? Lalu diberitahukan kepadanya bahwa kesukaan beliau adalah kaki depannya. Ia pun memilihkan kaki depan kambing lalu menambah dan memperbanyak racun pada semua bagian kambing.

Dibawalah kambing itu kepada beliau, dan ketika diletakkan dihadapan beliau, beliau pun mengambil kaki depannya dan langsung memakan lalu mengunyahnya, namun tidak bisa menelannya. Beliau pun memuntahkannya dan berkata, “Sungguh, tulang ini memberitahuku bahwa ia telah diberi racun.”

Kemudian beliau memanggil perempuan itu dan ia pun mengaku.

“Apa yang membuatmu melakukan hal ini?” tanya Rasulullah.

Ia menjawab, “(Aku berkata di dalam hatiku) Jika ia seorang raja, aku terbebas darinya, dan jika ia seorang Nabi, maka tentu ia akan diberi tahu. Kemudian Rasulullah pun memaafkan dan mengampuninya.

Bersama beliau ketika itu adalah Bisyr bin Bara’ bin Ma’rur, ia mengambil sepotong daging dan langsung memakan dan menelannya, tak lama setelah itu ia meninggal dunia. []

 

Sumber: Syaikh Shafiyyurahman al-Mubarakfuri. 1421 H. Ar-Rahiq al-Makhtum, Sirah Nabawiyah “Perjalanan Hidup Rasul Yang Agung Muhammad”. Jakarta: Darul Haq.

About Dika Nugraha

Al-Qur'an & As-Sunnah

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline