Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Sumur Peninggalan Bala Tentara Nabi Sulaiman

0 30

Setiap Nabi memiliki kisah masing-masing di setiap zamannya. Tak jarang kisah -kisah mereka masih sering diperbincangkan hingga kini. Terutama kisah yang masih menyisakan bukti sejarah hingga kini. Seperti kisah tentang sebuah sumur peninggalan bala tentara Nabi Sulaiman as. 

Sumur tersebut ada di Desa Laynah di sebelah Utara Arab Saudi. Banyak yang meyakini bahwa sumur tersebut menyimpan rahasia yang ajaibnya. Sumur yang terberujung ini rupanya konon dibangun sejak zaman Nabi Sulaiman as. Menurut legenda, jumlah sumur ini pernah mencapai hingga 300 sumur.

BACA JUGA: Nabi Sulaiman dan Burung yang Tidak Berkicau

Ratusan sumur di tanah padat berbatu di Desa Laynah ini digali oleh tentara jin atas perintah Nabi Sulaiman as. Tujuannya untuk menyediakan air minum bagi bala tentara Nabi Sulaiman.

Desa Laynah terletak sekitar 100 kilometer dari perbatasan utara Saudi dan merupakan salah satu kota bersejarah. Menurut peneliti dan sejarawan, Hamad al-Jasser, Desa Laynah dulunya adalah sebuah kota yang dibangun Nabi Sulaiman as.

Laynah dipilih sebagai tempat singgah dalam perjalanan rombongan Nabi Sulaiman as dari Yerusalem untuk menaklukkan Yaman. Al-Jasser menambahkan, Laynah adalah salah satu tempat yang paling menakjubkan di dunia.

Pasalnya tanah di wilayah ini keras dan berbatu, hingga membuat tidak mungkin bagi siapa saja untuk menggali sumur ini. Karena itu, jika berkesempatan ke Arab Saudi berkunjunglah ke Laynah, sebuah kota kecil di utara Arab Saudi.

Disebutkan bahwa, Nabi Sulaiman as merupakan seorang raja Israel, dan anak Raja Daud. Namanya disebutkan sebanyak 27 kali di dalam Al-Quran. Sejak kecil ia telah menunjukkan kecerdasan dan ketajaman pikirannya.  Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 970 SM

Dalam catatan sejarah, Nabi Sulaiman berusaha menaklukkan Yaman. Namun saat dalam perjalanan dari Israel, ia berhenti di Laynah. Di sinilah, berawal legenda tentang tentara jin Nabi Sulaiman, yang menggali sumur-sumur untuk pasokan air tentara Raja Sulaiman.

BACA JUGA: Sebelum Tahta Bergulir kepada Nabi Sulaiman, Ini yang Terjadi

Laynah berlokasi 100 kilometer dari perbatasan Saudi di utara. Daerah ini menjadi satu kota penting bagi sejarah budaya Arab Saudi. Ahli sejarah dan peneliti Arab Saudi, Hamad al-Jasser, Laynah sudah ada sejak era Nabi Sulaiman as. Raja Sulaiman, saat itu berhenti di Laynah dalam perjalanannya dari Yerusalem untuk menaklukkan Yaman.

Al-Jasser mengatakan, hanya ada 20 dari 300 sumur yang tersisa saat ini. []

Wallahu a’lam

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline