Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Sudah Sengsara di Dunia, Ia pun Hidup Sengsara di Akhirat

0

Ali bin Abi Thalib pernah menuturkan bahwa pernah suatu hari Ibnu Umar berkhutbah Jum’at dan ketika ia sampai pada membaca ayat, “Ketika langit dibelah… Hingga Jiwa pun mengetahui apa yang dihadapkan kepadanya” [Q.S. at-Takwir 81:1-14], Umar tiba-tiba terhenti dan menangis karenanya.

Ubaid bin Umair pernah menyaksikan saat Umar tengah mengimami shalat shubuh, Umar tiba-tiba menangis saat membaca ayat “Dan kedua matanya menjadi putih karena kedukaan, dan dia pun sangat berduka” [Q.S. Yusuf 12:84]

Umar bukanlah orang keras, tetapi ia adalah orang yang tegas, dan ketegasan itu berbeda dengan kekerasan. Keras berarti tidak lembut, sedangkan tegas bisa jadi adalah sebuah kelembutan sebagaimana orang tua yang memarahi anaknya yang berbuat nakal.

Related Posts

Tatkala Allah SWT Memperkenankan Surga Berbicara

Begitupun dengan Umar, sikap tegas Umar terhadap kaum muslimin adalah sikap tegasnya layaknya orang tua kepada anak-anaknya seperti kisah saat Umar bertindak keras terhadap seorang laki-laki yang mendzalimi seekor unta.

Musayyab bin Darim pada suatu hari menyaksikan Umar pernah memukuli seorang laki-laki seraya membentaknya setelah Umar melihat laki-laki tersebut telah membebani seekor unta melebihi kemampuannya. Umar lalu mengobati unta tersebut hingga sembuh. Umar lalu berkata, “Sesungguhnya aku takut dimintai pertanggungjawaban kelak atas sesuatu hal.”

Bukti lain dari kelembutan seorang Umar adalah saat ia berpapasan dengan seorang rahib tua yang zuhud, Imran bin al-Juni pernah menceritakan bahwa suatu hari Umar pernah berpapasan dengan seorang rahib tua yang lusuh karena hidupnya yang zuhud. Seketika itu juga saat melihat rahib tua itu hidup dengan kesederhanaan dan keprihatinan, Umar meneteskan air matanya seraya berkata, “Aku kasihan kepadanya, sudah sengsara karena hidup zuhud di dunia, ia pun harus hidup sengsara di akhirat.”  []

Sumber: Kisah Hidup Umar bin Khattab/ Penulis: Dr. Musthafa Murad, guru besar Universitas al-Azhar Kairo Mesir

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

you're currently offline