Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Singa yang perkasa Lahir dari Rahim Induk Singa Juga

0

Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik wanita ialah wanita yang kalau kamu memandangnya bisa menyenangkanmu; kalau kamu perintah mematuhimu; dan kalau kamu pergi, ia akan menjaga hartamu dan kehormatannya. (HR. Ibnu Jarir dari Abu Hurairah)

Wanita Shalihah adalah guru bagi manusia-manusia bertaqwa. Dalam syair arab dikatakan, “Ibu adalah madrasah (sekolah) bagi anak-anaknya”

Dan perlu diketahui, dibalik nama besar seorang ‘alim seperti Az-Zubair Ibnul Awwam, ‘Ali bin Abi Thallib, ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz, Imam Ahmad, Sufyan Ats-Tsauri, dan para syuhada lainnya, ada pula para Wanita yang Shalihah mendidik mereka tanpa kehadiran seorang suami disaat (mereka) tumbuh dewasa.

Related Posts

Rasulullâh Shalallahu alaihi wasallam bersabda, “..Dan wanita adalah pemimpin dalam rumah tangga suaminya dan Ia bertanggung jawab atas apa yang Ia pimpin.”

Ingatlah Ummul Mu’minin (Ibu para kaum muslimin) ‘Aisyah radhiallâhu ‘anha setelah Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam wafat, memberikan tarbiyah kepada para shahabat dan shahabiyah, dengan segudang ilmu yang menjadikan mereka sebagai pemimpin-pemimpin dan Ulama untuk ummat dijamannya.

Maka beruntunglah mereka (para suami) yang memiliki seorang Istri (shalihah) menjadikan dirinya sebagai madrasah dari anak-anaknya kelak.

Bahkan Hamzah bin Abdul Muthalib putra dari Haulah binti Wuhaib dalam artian kata “Singa (yang perkasa) lahir dari rahim induk Singa juga.” []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

you're currently offline