Picture: Blog STRATEGI MANAJEMEN

Sikap Abu Thalib dalam Melindungi Rasulullah

Orang-orang Musyrik tidak pernah senang ketika Rasulullah SAW mendakwahkan Islam. Mereka senantiasa melakukan berbagai cara agar Rasulullah mau berhenti mendakwahkan Islam.

Bukan hanya Rasulullah yang menjadi sasaran kekerasan dan kekejaman dari orang-orang Musyrik tapi juga para sahabat yang telah mengikuti ajaran yang dibawa oleh Rasulullah tak luput dari kekerasan bahkan di antara mereka ada yang sampai di bunuh.

Abu Thalib paman Rasulullah, senantiasa mendapatkan ancaman agar mau menyerahkan Rasulullah kepada mereka untuk dibunuh. Namun Abu Thalib mengamati gerak-gerik dan tindak tanduk mereka. Abu Thalib mencium keinginan yang kuat mereka untuk benar-benar membunuh Rasulullah SAW.

Demi melindungi Rasulullah, Abu Thalib mengumpulkan seluruh keluarga Bani Hasyim dan Bani al-Muthalib dan menghimbau mereka agar menjaga Rasulullah SAW. Mereka semua memenuhi imbauan tersebut, baik yang sudah masuk Islam ataupun yang masih kafir. Mereka berikrar dan mengikat janji di Ka’bah. Hanya saja saudaranya, Abu Lahab lebih memilih untuk menentang mereka dan berpihak kepada kaum Quraisy. []

Sumber: Sirah Nabawiyah Perjalanan Hidup Rasul yang Agung/ Penulis: Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri/ Penerbit: Darul Haq/ November,2016

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline