Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Siapakah Manusia Pertama yang Mengetuk Pintu Surga?

0

Dari Ubadah, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang bersaksi tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan tiada sekutu bagi-Nya, Muhammad adalah hamba dan utusan Allah, Isa adalah hamba Allah dan anak dari ibunya (Maryam), ia adalah kalimat dan Ruh dari-Nya yang Dia sampaikan kepada Maryam, bersaksi bahwa surga benar adanya, dan neraka benar adanya, maka Allah akan masukkan dia dari delapan pintu surga yang mana saja yang Dia kehendaki.” (HR. Bukhari)

Dari penjelasan hadits tersebut bahwa orang yang masuk surga itu adalah orang yang taat kepada Allah dan Rasulnya. Akan tetapi diantara umat manusia yang taat kepada Allah itu tidak sekaligus masuk surga. Ada yang dahulu ada juga yang belakangan.

BACA JUGA: Apabila Surga yang Luasnya Seluas Langit dan Bumi, di Mana Letak Neraka?

Lalu siapakah manusia pertama yang mengetuk pintu surga dan siapa pula manusia pertama yang masuk kedalam surga?

Diriwayatkan dari Annas ra, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Pada hari kiamat saya datang ke pintu surga, kemudian Aku meminta supaya pintu tersebut terbuka.”

Penjaganya berkata, “Siapakah Anda?”

Saya menjawab, “Saya adalah Muhammad,”

Penjaga Surga berkata, “Betul, aku diperintahkan untuk tidak membuka pintu surga bagi selain Engkau”. (HR. Muslim)

Related Posts

Siapa yang Tidak Beriman Itu?

Dalam riwayat lain disebutkan, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Saya adalah orang pertama yang menggerak-gerakan rantai pintu surga, kemudian pintu tersebut di buka untuk ku dan aku masuk kedalamnya, bersamaku adalah kaum fakir dan orang-orang yang beriman, dan tidak ada kebanggaan dalam hal ini, saya adalah orang yang paling mulia dari manusia generasi pertama dan terakhir dan tidak ada kebanggan yang melibihi daripada itu” (HR. TIrmidzi dan Darimi)

Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Saya adalah orang yang paling banyak pengikutnya pada hari kiamat, dan saya adalah orang yang pertama kali mengetuk pintu surga.” (HR . Muslim)

Tapi apakah Hanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam orang yang pertama kali Masuk kedalam Surga?

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Saya adalah orang yang pertama kali membuka pintu surga, namun aku didahului oleh seorang wanita, Saya tanyakan kepadanya, ‘Kenapa anda mendahului ku siapakah anda?’

BACA JUGA: 4 Orang yang Dirindukan Surga

Wanita tersebut menjawab, ‘Saya adalah seorang wanita yang melayani anak yatim.’

Wallahu a’lam []

Sumber: Hadil Arwaah Ila Biladir Afrah/Karya: Ibnu Qayyim al-Jauziyah

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline