Picture: The Simpsons

Siapa yang Menyuruh Kalian Datang Kemari?

Suatu ketika dalam perang Khaibar, Ummu Ziyad beserta enam wanita lainnya ikut menyambut seruan Nabi SAW untuk berjihad. Ketika kemudian Nabi SAW mengetahui sekelompok wanita ini, beliau tampak agak marah, dan memanggilnya. Setelah dekat beliau bersabda, “Siapa yang menyuruh kalian datang kemari? Dengan siapa kalian datang?”

“Wahai Rasulullah, kami mengetahui cara membalut luka, yang diperlukan dalam pertempuran ini. Kami datang dengan membawa obat-obatan dan perban untuk mujahid yang terluka. Kami juga bisa menyiapkan panah-panah untuk mujahid yang berperang. Kami akan mengobati dan merawat mujahid yang terluka, dan kami juga bisa menyiapkan makanan dan minuman kalau mereka lapar,” jawab Ummu Ziyad.

Mendengar penjelasan dari Ummu Ziyad tersebut, akhirnya Nabi SAW mengijinkan Ummu Ziyad bersama para sahabat waita lainnya terlibat dalam perang Khaibar. []

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline