Picture: Public domain vectors

Siapa Orang yang Mampu Memangku Kepemimpinan Ini?

Abdullah bin Abbas merupakan sahabat yang sangat dekat dengan khalifah Umar bin Khaththab.

Abdullah bin Abbas, menceritakan bahwa pada suatu saat, ketika ia berdua bersama Khalifah di rumahnya, tiba-tiba beliau menghela napas panjang seolah-olah nyawanya akan lepas. Abdullah bertanya, “Apakah Anda sedang sangat prihatin, hingga menghela napas panjang begitu?”

“Ya, memang,” ujar Khalifah Umar, seraya meminta Abdullah mendekat. Ia mengkhawatirkan ketiadaan orang yang mampu menjalankan kekhalifahan ini. Abdullah bin Abbas kemudian menyebutkan enam nama, kalau-kalau beliau belum mengetahui kemampuannya.

Umar memberikan komentarnya satu persatu mengenai orang-orang tersebut, kemudian berkata, “Yang mampu memangku kekhalifahan ini adalah orang yang tegas tapi tidak sewenang-wenang, lembut tapi tidak lemah, murah hati tapi tidak boros, hemat tapi tidak kikir. Hanya orang seperti itulah yang mampu”. Menurut Abdullah bin Abbas, hanya Umar sendirilah yang memenuhi syarat-syarat tersebut. []

Sumber: Buku Kecil Kearifan Islam/ Penulis: Maulana Wahiduddin Khan/ Penerbit: Pustaka Alvabet/ 2005

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline