Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Siapa Goliath dari Filistin?

0

Suatu pagi, sang ayah meminta Daud untuk melihat kondisi kakak-kakaknya yang akan berangkat berperang. Dengan patuh Daud pergi ke perkemahan sambil membawa makanan dari ayahnya.

Ketika Daud datang ke perkemahan, suasana di sana nampak mencekam. Tentara Filistin menyerupai raksasa dengan tubuh tinggi besar dan sangat kejam. Keadaan tentara Thalut sudah terdesak. Jika mereka kalah saat ini berarti mereka akan menjadi tawanan perang selama-lamanya dan dijadikan budak oleh bangsa Filistin. Mendengar itu, Daud bertanya, “Mengapa kalian mesti takut? Bukankah kalian semua adalah tentara pilihan Allah. Pasti Allah akan menjaga kalian dan memenangkan kebenaran. Apa yang sudah menjadi hak kita sebagai bangsa Israil pasti akan ditunaikan Allah. Allah tidak mungkin ingkar dengan janjiNya,” demikian Daud berusaha menyemangati kakak-kakaknya.

“Tapi dengan cara apa kami mengalahkan mereka? Mereka lebih banyak dan memiliki pasukan yang kuat. Apalagi ada Goliath, tentara raksasa yang menjadi andalan mereka. Seorang Goliath dapat mengalahkan beratus-ratus tentara kita”, demikian keluhan kakak-kakak Daud yang mulai putus asa.

Related Posts

Sungguh Aniaya, Ia Mengambil Hakmu

“Kalau begitu, ajaklah aku. Aku yang akan menghadapi mereka,” Daud mengajukan diri untuk turut ikut ke medan perang.

Namun semua orang melarang karena Daud masih teramat kecil. Tapi Daud tetap bersikeras. Dengan semangat bahwa Allah akan melindungi dan memberi kemenangan pada yang berhak, Daud datang kepada raja. Tapi lagi-lagi permintaan Daud menjadi bahan ledekan orang banyak.

Raja Thalut memakaikan baju besi pada Daud. Baju yang sangat berat dan besar. Melangkah pun Daud tak mampu dengan baju besi tersebut. Raja Thalut hendak menunjukkan bahwa baju besi saja sudah menahan langkah Daud. la dibuat tak berdaya dengan baju besi itu, apalagi untuk berjalan dan berperang melawan musuh?

Sumber: The Prophet; Kisah Hikmah 25 Nabi Allah/ Penulis: Dian Noviyanti/ Penerbit: Gramedia Pustaka, 2017

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline