Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Sesungguhnya Dia dari Kalangan Ahli Jannah!

0

Amr bin Tsabit al Waqsy adalah salah seorang seorang sahabat Nabi yang tidak pernah disangka akan menjadi ahli jannah. Padahal, ia belum pernah sekalipun menjalankan shalat. Ia dikenal sebagai al Ushairim bani Abdul Asyhal, karena itu kisahnya lebih dikenal sebagai kisah al Ushairim. Ia tidak mau memeluk Islam karena takut kepada kaumnya. Tetapi, ketika Nabi SAW dan para sahabat tengah berperang di Uhud, tiba-tiba saja menguat niatnya untuk memeluk Islam. Segera ia mengucap syahadat, kemudian mengambil pedang dan tunggangannya. Pagi-pagi sekali ia melesat ke Uhud, sesampainya di sana, ia langsung menerjunkan diri dalam pertempuran.

Ketika perang usai, beberapa lelaki dari bani Abdul Asyhal mencari korban dari kaumnya, dan mereka kaget menemukan Ushairim yang telah sekarat. Mereka berkata, “Demi Allah, dia adalah Ushairim. Apakah yang menyebabkan ia kemari? Kami telah meninggalkannya karena ia tidak mau memeluk Islam!”

Related Posts

Inilah Kesalahan Umar!

Merekapun menanyakan hal tersebut kepada Ushairim. Dengan tertatih dan nafas yang terputus-putus ia menjawab, “Aku kemari karena rasa cinta kepada Islam. Aku telah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan memeluk Islam, kemudian berangkat kemari untuk menyertai Rasulullah SAW berjuang, hingga keadaanku seperti ini.”

Tak lama kemudian ia wafat, dan ketika mereka menceritakan peristiwa ini kepada Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya ia dari kalangan ahli jannah!” []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

you're currently offline