Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Sepenggal Kata yang Mengkhawatirkan Abu Bakar

0

Telah menjadi kesepakatan di kalangan ahlisunnah bahwa Abu Bakar menjadi orang paling utama dari seluruh manusia manapun. Bahkan Baginda Rasulullah Shallahu ‘alahi wasallam sering kali menyebut-nyebut namanya. Sekaligus memberitakan kabar gembira bahwa Abu Bakar akan menjadi pemimpin jamaah di surga nanti.

Namun, Abu Bakar malah balik merendah-justru mengatakan, “Alangkah baiknya jika aku menjadi sebatang pohon akhirnya ditebang dan dijadikan kayu bakar.”

BACA JUGA: Ketika Kelaparan Mendatangi Abu Hurairah

Suatu ketika, ia tengah berada di sebuah taman. Tak jauh darinya bertengger seekor burung. Lantas, Abu Bakar melontarkan percakapan yang mana ungkapan perbandingan terhadap burung itu yang sepertinya miliki hidup lebih bagus darinya. Bebas terbang ke mana-mana.

Rabiah Aslami pernah menceritakan bahwa Abu Bakar melontarkan kata-kata kasar terhadapnya saat bertengkar, untuk kemudian dia sendiri meminta agar Rabiah membalasnya. Namun, tak diindahkannya. Dan sebab itu Abu Bakar mengadukannya kepada Rasulullah Shallahu ‘alahi wasallam.

BACA JUGA: Sang Pemegang Rahasia Rasulullah

Kemudian datanglah beberapa orang dari Bani Aslam. Mereka dibuat heran dengan kelakuan Abu Bakar yang menyerupai orang aneh. Mengingat mendapatinya berlaku tak elok dan mengadukannya sendiri kepada Rasulullah Shallahu ‘alahi wasallam.

Hingga akhirnya Rasulullah bersabda, “Kamu tidak mau membalas dan tidak mau menjawab, itu sudah baik. Tetapi untuk menggembirakan hatinya sebaiknya kamu mengucapkannya. Semoga Allah memaafkan engkau, wahai Abu Bakar!”

BACA JUGA: Katakanlah Kepadaku, Siapakah Sebenarnya Ayahku, Bu?

Hikmah yang dapat dipetik ialah kala Abu Bakar begitu khawatir atas sepenggal kata yang mungkin dapat menyusahkannya di akhirat. Padahal ia sendiri memulai atas perbuatan tak terpuji tersebut. Di sini menunjukkan kepada kita agar senantiasa berintropeksi diri. []

Sumber: 30 Dongeng Sebelum Tidur Untuk Anak Muslim/Anam dan Rahimsyah/Mitra Ummat

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More