Foto: Design Tutsplus - Envato Tuts+

Seorang Pria di Kalangan Umat Islam

Kehebatan Ali bin Abi Thalib dalam hampir semua pertempuran bersejarah, kekuatan dan keahliannya membuatnya menjadi yang terbaik dari para pejuang. Kecerdasan Ali tidak ada bandingannya jika menyangkut masalah peradilan, pemahamannya mendalam tentang kehidupan dan membawa kesimpulan yang membuat orang takjub akan kebijaksanaan yang dimilikinya.

Ada banyak sisi karakter Ali, namun ciri khas yang tetap konstan sepanjang hidupnya dari generasi muda pertama hingga usia tua ini adalah kemurnian perbuatannya. Dan kemurnian ini berasal dari cinta yang dalam dan kuat untuk Penciptanya, Allah SWT, ditambah dengan pemahaman bahwa semua yang dimilikinya berasal dari anugerah Tuhannya. Akibatnya kerendahan hati Ali bin Abi Thalib tercipta dalam bentuknya yang paling menakjubkan.

Muhammad ibn Ali bin Abi Thalib berkata: “Aku bertanya kepada ayahku, ‘Siapakah yang terbaik dari umat manusia setelah Nabi?’

Ayahku berkata, ‘Abu Bakar.’

Aku bertanya lagi, ‘Lalu siapa?’

Ayahku berkata, ‘Umar bin Khattab.’

Aku khawatir ayahku akan mengatakan Utsman bin Affan berikutnya, jadi aku bilang, ‘lalu engkau, ya ayah?’

Ayahku berkata, ‘Aku bukan siapa-siapa melainkan seorang pria di kalangan umat Islam’.” []

About Admin 1

Check Also

Teruslah Maju, Wahai Rasulullah

Sa'ad bin Mu'adz, tokoh suku Aus dan pemuka Anshar, berdiri dan berkata, "Demi Allah, benarkah yang engkau maksudkan adalah kami?"

you're currently offline