Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Seorang Penasihat yang Terpercaya di Antara Berbagai Nasihat

0 16

Saat itu Shilah bin Asyyam Al-`Adawi berada di antara sekumpulan para sahabatnya, mereka sedang bercakap-cakap dan mengobrol tentang agama mereka. Ketika mereka sedang dalam kondisi demikian, seorang pemuda lewat di hadapan mereka, pemuda yang berperawakan indah dan berparas tampan.

Pemuda itu memanjangkan pakaiannya hingga membuatnya terseret di atas tanah karena merasa bangga dengan dirinya, dan dia pun berjalan dengan gaya yang sombong. Maka para sahabatnya merasa muak terhadap pemuda itu dan mereka ingin menyakitinya dengan lisan mereka.

Namun Shilah berkata kepada mereka, “Biarkanlah aku mendatangi pemuda itu, cukuplah aku yang menangani urusannya.”

Kemudian Shilah berkata kepada pemuda itu dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang, “Wahai putra saudaraku, aku ada perlu denganmu.”

Maka pemuda itu pun berhenti seraya berkata, “Keperluan apa itu, wahai paman?”

Shilah berkata, “Sebaiknya engkau mengangkat pakaianmu, karena hal itu lebih suci bagi dirimu dan akan menjagamu dari apa yang terseret oleh tanah. Juga lebih suci bagi Tuhanmu, serta lebih dekat terhadap sunnah Nabimu.”

Pemuda itu pun merasa malu dan berkata, “Aku mendengar dan mentaatimu, wahai paman.”

Kemudian dia bergegas pergi sambil mengangkat pakaiannya dan berjalan biasa.

Lalu Shilah memandang kepada para sahabatnya seraya berkata “Bagaimana menurut kalian? Sesungguhnya ini lebih baik dan lebih indah daripada apa yang kalian inginkan. Seandainya tadi kalian menyerangnya, niscaya dia pun akan menyerang kalian, sementara dia tetap membiarkan pakaiannya menyeret tanah.”

Para sahabatnya pun tersenyum dan berterima kasih kepadanya karena tindakannya yang baik dan kesabarannya terhadap pemuda tadi. []

Sumber: Kisah Para Tabiin/Penulis:Syaikh Abdul Mun’im Al-Hasyimi /Penerbit:Ummul Qura

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements

you're currently offline