Picture: TitanUI

Semoga Allah Memberi Minum Kepadanya Air dari Mata Air Salsabil di Surga

Abdurrahman bin Auf merupakan sahabat yang dikenal dengan kekayaannya yang berlimpah. Ia sangat kaya serta sangat demawan. Dirinya senantiasa menangis karena ketakutannya akan hisab Allah di hari kiamat mengenai hartanya.

Suatu ketika Abdurrahman pernah menjual tanahnya yang seharga empat puluh ribu dinar. Uang hasil penjualan tanah itu ia bagikan kepada Bani Zuhrah, yang merupakan kaumnya sendiri. Abdurrahman juga mengirimkan bantuannya untuk keluarga Rasulullah sebagai wujud kesetiaannya kepada Beliau.

Ketika merasakan ajalnya semakin dekat, Abdurrahman bin Auf berpesan agar setiap kaum muslimin peserta Perang Badar yang masih hidup diberi 400 dinar dari harta warisannya. Ternyata, peserta Perang Badar yang masih hidup berjumlah 100 orang termasuk Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Abdurrahman juga berpesan agar sebagian hartanya diberikan kepada para istri Rasulullah saw. Oleh karena itu, Aisyah berdoa untuk Abdurrahman, “Semoga Allah memberi minum kepadanya air dari mata air Salsabil di surga.”

Abdurrahman bin Auf wafat dalam usia 75 tahun. Jenazahnya dishalati Utsman bin Affan beserta seluruh kaum muslimin, dan diusung oleh Sa’ad bin Abi Waqash. la dimakamkan di pemakanam Al-Baqi. []

Sumber: Kisah 10 Pahlawan Surga/ Penulis: Abu Zaein/ Penerbit: Qultum Media/ 2010

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline