Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Sekelumit Baju Besi Ali

0

Pemuda itu menyambut dakwah Rasulullah Shallahu ‘alahi wasallam. Merupakan khalifah pertama dari kalangan bani Hasyim. Oleh karena itu, mengalir dalam dirinya sifat-sifat kebangsawanan, kekuatan, keberanian, kecerdasan, dan kepahlawanan.

Saat menjabat menjadi khalifah. Pernah dia kehilangan baju besinya yang kemudian ditemukan baju tersebut di tangan seorang Nasrani. Namun, Nasrani itu mengakui bahwa baju besi ini miliknya, bukan milik Ali.

BACA JUGA:Untuk Apa Saya Kembali kepada Kaumku?

Ali pun memutuskan untuk mengadukan kepada ketua pengadilan. Tetapi dirinya seolah ditempatkan seperti seorang terdakwa bukan penggugat. Sampai akhirnya ia menyadari persamaan antara penggugat dan terdakwa di hadapan hakim merupakan suatu langkah menuju keadilan.

Si hakim bertanya kepada orang Nasrani, “Apa jawabanmu terhadap gugatan itu?” Orang Nasrani menjawab, “Baju besi ini milikmu, dan bagiku Amirul mukminin itu bukanlah seorang pembohong.”

Merekahlah senyum Ali, namun ia tak memiliki bukti atas pengakuan tergugatnya itu.

BACA JUGA: Umar Mempertahankan Sebuah Baju yang Allah Berikan

Hingga akhirnya, tergugat yang mana orang Nasrani menyatakan persaksian seraya bersyahadat, pun mengakui bahwa baju besi tersebut memang milik Ali yang diambilnya dari unta yang kelabu saat Ali dan pasukan hendak berangkat ke Shiffin.

Kata Ali: “Karena kamu telah masuk Islam, maka baju besi ini untukmu.” (Hr. Tirmidzi dan Hakim)

BACA JUGA: Mengenal Kembali Nabi yang Mampu Melunakan Besi

Peristiwa itu disaksikan oleh banyak kalangan orang Nasrani. Maka setelahnya, banyak yang menjadi pengikut setia Ali kala berperang melawan kaum Khawarij. []

Sumber: 10 Sahabat Yang Dijamin Masuk Surga Dilengkapi Catatan Amalan-amalan Shaleh/ Ust. Fairuz M/ Penerbit: Terbit Terang/ 2001

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline