Picture: gallery.yopriceville.com

Sejak Saat Itu, Aku Selalu Melaksanakan Pesan Rasulullah

Ummu Salamah adalah ibu dari empat anak ketika rasulullah melamarnya. Ia menolak lamaran itu, “Aku tengah menanggung anak-anak. Aku tak ingin mereka terlantar.”

Rasulullah kemudian mengutus seseorang untuk menyampaikan pesan: “Serahkan keluargamu kepada Allah dan Rasul-Nya.”

Akhirnya, anak-anak Ummu Salamah menjadi tanggungan Rasulullah. Beliau mencurahkan cinta dan kasih sayang layaknya ayah kandung. Beliau ingin sekaligus membalas jasa atas meninggalnya Abu Salamah, yang telah banyak berjuang demi tegaknya Islam.

Suatu ketika, Rasulullah ingin menemui Ummu Salamah. Namun beliau menjumpai si kecil tengah menyusu. Karena tak ingin mengganggu si kecil, beliau pun memilih kembali. Hal itu terjadi berkali-kali, sampai akhirnya Bilal bin Rabbah mengingatkan Ummu Salamah agar mengatur waktu kapan mengurus anak dan kapan memenuhi kewajiban sebagai seorang istri.

Umar ibn Ummu Salamah memberi kesaksian, “Waktu menginjak usia dewasa, aku pernah berada di rumah Rasulullah. Saat itu sedang makan bersama. Aku berusaha mengambil makanan, tapi meleset. Beliau segera berkata, “Hei anak muda, bacalah basmalah sebelum makan lalu makanlah dengan tangan kanan. Dan ambillah makanan yang paling dekat.”

Kata-kata itu membekas di lubuk hati Umar.

“Sejak saat itu, aku selalu melaksanakan pesan Rasulullah itu setiap kali makan,” tutur Umar. []

 

Sumber: Dr. Nizar Abazhah. 2011. Sahabat-Sahabat Cilik Rasulullah. Jakarta : Zaman.

About Dika Nugraha

Al-Qur'an & As-Sunnah

Check Also

Enam Pelajaran dari Dokter Hati

Karena saya termasuk makhluk bergerak, maka saya tidak peru menyibukkan hatiku dengan sesuatu yang telah dijamin oleh Dzat yang Maha Kuat dan Kokoh.

you're currently offline