Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Saat Sang Ayah Tak Kunjung Datang

Setelah selesai peperangan di Muktah, pasukan kaum Muslim yang bertempur di medan Perang Muktah akan kembali ke Madinah. Para keluarga yang ditinggal telah bersiap-siap menyambut kedatangan mereka. Salah seorang di antaranya ialah seorang anak kecil yang juga bersiap untuk bertemu ayahnya yang menjadi salah seorang panglima di perang tersebut.

Namun, hingga seluruh pasukan memasuki kota dan berkumpul dengan keluarganya, anak itu tak juga menjumpai ayahnya. la tahu bila ayahnya tak kunjung juga datang maka dapat dipastikan bahwa sang ayah telah syahid. Ternyata sesuai dugaan ayahnya menjadi salah seorang yang syahid di medan perang tersebut.

Ayahnya, sang pemilik dua sayap di surga, telah menghadap Sang Pencipta. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. yang melihat hal tersebut segera menghibur anak tersebut bersama dengan saudaranya yang lain. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. mengajak mereka bermain sehingga mereka melupakan kesedihan yang telah menimpa. Tak lupa Rasulullah mendoakan mereka agar selalu diberi rahmat oleh Allah.

Read More

Wahai Rasulullah, Apa yang Membuat Engkau Menangis?

Ayah dari anak kecil tersebut adalah, “Abdullah bin Ja’far, bayi pertama yang lahir di Habasyah ketika kaum Muslim berhijrah ke negeri tersebut.

Anak kecil itu Abdullah adalah putra dari Jafar bin Abi Thalib, saudara sepupu Rasulullah. lbunya bernama Asma binti Umais. []

Sumber: Para Abdullah di SekitarRasulullah/ Haeriah Syamsuddin/Khazanah Intelektual/ 2013

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline