Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Saat Sahabat Dekatnya Berada di Neraka

0

Dalam kitab Durratun Nasihin, dikisahkan bahwa ada dua orang sahabat karib yang meninggal dunia. Salah seorang dari mereka adalah orang yang saleh. Ketika meninggal dunia ia menjalani hisab dengan mudah. la memiliki banyak amalan saleh. la pun segera dipersilakan masuk surga oleh malaikat Ridwan.

Ketika ia melangkah menuju surga, tiba-tiba ia mendengar sebuah suara, “Sahabatku, atas nama persahabatan kita, selamatkan aku dari api neraka!”

Laki-laki itu terkejut mendengar suara itu. la lalu menoleh ke arah sumber suara itu. la lalu melihat sahabat karibnya semasa di dunia sedang diseret menuju neraka. Laki-laki ini merasa prihatin dengan nasib sahabatnya. la lalu berkata pada malaikat Ridwan, “Tolong bawa saya ke neraka!”

Malaikat Ridwan kaget. la lalu berkata, “Tidak mungkin aku membawamu ke neraka. Amalan kebaikanmu lebih banyak. Kau layak masuk surga.”

Keduanya lalu bersitegang mempertahankan pendapatnya. Akhirnya, keduanya mendengar sebuah suara, “Malaikat Ridwan, Aku tahu apa yang ada dalam hati hamba-Ku itu.Tanyakan padanya kenapa ia ingin masuk neraka?”

Setelah ditanyakan, laki-laki itu berkata, Aku melihat sahabatku diseret menuju neraka. Aku tak tega melihatnya. Aku ingin menyelamatkannya meskipun aku sadar, aku tak mungkin menyelamatkannnya.Lebih baik aku masuk ke neraka agar dapat bersamanya.”

Malaikat Ridwan merasa terharu mendengarnya. Tak lama kemudian terdengar suara, “Wahai hamba-Ku, sepanjang hidupmu kau telah menghabiskan waktu untuk taat dan beribadah kepada-Ku. Kini karena sahabatmu, kau rela masuk neraka bersamanya. Maka, Aku akan hadiahkan dia untukmu. Masuklah ke surga bersama sahabatmu itu.”

Akhirnya, kedua orang itu masuk surga setelah sahabatnya mendapatkan ampunan dari Allah. Hal ini berkat ketulusan sahabatnya yang saleh. Demikianlah salah satu manfaat bergaul dengan orang yang saleh. []

Sumber: Kisah Inspiratif Untuk Anak Muslim/ Penulis: Ariany Syurfah/ Penerbit: Penebar Swadaya, 2015

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline