Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Saat Rasulullah Bertemu dengan Musailamah

0

Ketika Musailamah tiba di Madinah, Rasulullah beserta Tsabit bin Qais bin Syammas menemuinya sementara di tangan Rasulullah ada selember daun, lalu beliau berhadapan dengan Musailamah dan teman-temannya seraya berkata, “Wahai Musailamah.”

“Ya,” jawab Musailamah.

Related Posts

Dua Orang Utusan yang Datang kepada Rasulullah

Kemudian, beliau bersabda, “Seandainya kamu meminta selembar pelepah kurma ini, aku pasti tidak akan memberinya kepadamu dan sekali-kali utusan Allah tidak akan diserahkan kepadamu. Dan jika kamu berpaling (menolak kebenaran) pasti Allah akan membinasakanmu. Sungguh aku melihat kamu sebagaimana aku melihatnya dalam mimpiku tentang kamu.”

Tentang mimpi beliau, Abu Hurairah meriwayatkan bahwa beliau bersabda, “Ketika aku sedang tidur aku melihat di tanganku ada dua gelang terbuat dari emas dan keindahan barang tersebut menggiurkan aku, lalu aku diberi wahyu dalam tidurku, agar aku meni-upnya. Aku pun meniupnya hingga keduanya terbang (lenyap). Maka aku menakwilkan mimpiku itu sebagai dua orang pendusta (yang mengaku menjadi nabi) yang akan muncul sepeninggalku. Yang pertama adalah dan yang lainnya adalah Musailamah al-Kadzdzab, seorang penduduk Yamamah.”

Di kemudian hari, Khalid bin al-Walid bersama dengan pasukan Islam memerangi Musailamah al-Kadzdzab dan Musailamah berhasil dibunuh. Allah telah membebaskan kaum muslimin dari kebohongan Musailamah al-Kadzdzab. []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

you're currently offline