Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Rasulullah Rela Menguburkan Dzul Bajadain Sendirian

0

Ibnu Mas’ud mengisahkan, suatu malam yang sangat dingin dan pekat, ia mendengar suara orang yang tengah menggali tanah. Abdullah bin Mas’ud terheran akan hal tersebut. Dalam hatinya ia bertanya-tanya, siapa yang melakukan hal tersebut.

BACA JUGA: Bagaimana Mungkin Saya Akan Mati Syahid?

Dengan penasaran, Ibnu Mas’ud pun memberanikan diri untuk bangkit dan mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi. Saat itu, ia melihat Abu Bakar as-Shiddiq dan Umar bin Khattab tengah memegang pelita. Ia pun melihat Rasulullah sedang menggali tanah. Ternyata yang didengarnya adalah suara Rasulullah.

Ibnu Mas’ud pun bertanya, apa yang terjadi dan kenapa Rasulullah melakukan hal itu.

Saudaramu, Abdullah Dzul Bajadain telah meninggal dunia,”  jawab Rasulullah.

Abdullah bin Mas’ud pun menukas kepada Abu Bakar dan Umar, kenapa mereka membiarkan Rasulullah menggali kubur sendiri.

“Rasulullah sendiri yang menginginkannya. Beliau ingin menggali sendiri tanah kuburan Abdullah Dzul Bajadain,” jawab Abu Bakar.

Setelah itu, Rasulullah meminta agar jenazah Dzul Bajadain diserhkan kepadanya. Beliau sendiri yang meletakkan jenazah ke tempat pembaringannya.

BACA JUGA: Panglima Perang yang Syahid Selepas Berpuasa

Rasulullah pun meminta kepada semuanya agar mendoakan Abdullah Dzul Bajadain yang telah pulang ke hadirat Allah. Rasul pun ikut mendoakannya agar Allah meridhoinya. Rasulullah pun telah meridhoinya.[]

Sumber: Para Abdullah di Sekitar Rasulullah/Haeriah Syamsuddin

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More