Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Rasulullah kepada Abu Mas’ud: Ketahuilah Allah Lebih Berkuasa daripada Kamu!

0 37

Suatu hari Abu Mas’ud al-Badri memukul salah satu budaknya dengan cemeti. Tiba-tiba ia mendengar suara dari arah belakangnya, “Ketahuilah, Abu Mas’ud, “ ucap orang yang ada di belakang Abu Mas’ud.

Akan tetapi, karena marahnya sudah memuncak, ia tidak mendengarkan suara itu dan tidak mengetahui siapa yang memanggilnya. Ketika suara itu mendekat, ia mengetahui bahwa orang itu adalah Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam. Ia berhenti memukul dan wajahnya memerah karena malu kepada Rasulullah yang telah melihatnya sedang memukul budaknya. Lalu, beliau bersabda, “Abu Mas’ud, jika kekuasaanmu mendorongmu untuk berbuat aniaya kepada manusia, ketahuilah Allah lebih berkuasa daripada kamu. Ketahuilah, wahai Abu Mas’ud, sesungguhnya Allah lebih berkuasa terhadap dirimu daripada engkau terhadap budak ini.”

Maka cemeti itu pun jatuh dari tangan Abu Mas’ud karena kewibawaan beliau. Ia berkata, “Ya Rasul, sungguh aku tidak akan pernah memukul seorang budak sampai untuk selamanya.”

Related Posts

Dua Orang Utusan yang Datang kepada Rasulullah

Kemudian, ia menoleh ke arah Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam untuk mendapat ridhanya seraya berkata, “Ya Rasulullah, ia merdeka karena Allah Ta’ala.”

Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda kepadanya, “Seandainya kamu tidak memerdekakannya, pasti kamu akan disentuh api neraka. Abu Mas’ud, barang siapa memukul budak miliknya sebagai hukum had atas apa yang tidak ia lakukan, atau ia menamparnya, maka kifaratnya adalah dengan memerdekakannya.” []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline