Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Rasulullah Benar-benar Jatuh Cinta

0

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Semua Nabi memohon permohonan, atau semua Nabi mempunyai doa yang ketika mereka berdoa dikabulkan, maka kujadikan doaku adalah syafaat untuk ummatku di hari kiamat.” (Shahih Bukhari)

Dikisahkan bila tiba masa dimana tubuh sudah tiada mempunyai daya untuk berdiri membela diri dipengadilan agung nanti, semua jiwa sibuk dengan keadaan nya masing-masing, dan ketika itu datanglah sekelompok dari umat Nabi kepada Nabi nya, sayyidina Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam, lalu ketika umat itu datang kepada sang Nabi, datanglah sesosok malaikat yang mengusir umat tersebut..

Maka Nabi bertanya kepada malaikat tersebut, “Wahai malaikat Allah, mengapa engkau menghalau mereka dari ku?”

Dan malaikat itupun berkata, “Wahai Nabi Allah mereka itu adalah sekelompok dari umat mu yang keluar dari jalanmu setelah engkau wafat.”

Mendengar itu Nabi pun mengusir mereka yang ingkar dan keluar dari jalan yang telah dibawaNya, maka berjalanlah umat itu dengan hati yang hancur kerana telah ditolak oleh Nabinya, dan saat itu sungguh penyesalan yang tiada gunanya.

Mereka yang terusir itupun berjalan menuju NabiAllah adam as,dan kembali Nabi adam pun mengusir mereka seraya berkata nafsi-nafsi, dan umat itupun berjalan menuju NabiAllah Nuh as, kemudian kepada Nabi ibrahim dan sampai kepada Nabi isa as,dan semua para Nabi pun mengusir mereka.

Kenapa mereka terusir daripada Nabimu ya Allah?

Jawabnya karena mereka ingkar dan larut dalam dosa. Namun hamba tersebut tidak berputus asa dalam mencari rahmat Tuhan yang begitu luas, setelah semua Nabi mengusir mereka dan tidak ada yang mau membantu mereka, maka mereka pun kembali kepada Nabi muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam.

Meski pada awalnya beliau kecewa karena perbuatan dosa mereka, seketika berubah menjadi kasihan dan terharu kepada mereka, lalu Allah yang maha berkasih sayangpun menerbitkan cahaya cinta dihati NabiNya tersebut, kemudian dengan lisan nya yang lembut dia pun bersabda,  “Ana laha, ana laha, (kesini kalian, aku akan membantu serta mensyafaati kalian.)”

Setelah itu Nabi mulia pun memohon syafaat kepada Tuhannya Allah swt.

Inilah cinta yang sesungguhnya, dan sungguh nabi telah jatuh cinta dan meletakkan do’a khusus untuk kita umatnya. []

Baca juga: Apa yang Dilakukan Rasulullah dalam Menyambut Malam Lailatul Qadr?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline