Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Rasulullah: Apabila Bangun Tidur, Shalatlah Seketika Itu Juga

0

Suatu ketika saat Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam sedang duduk, datanglah seorang wanita yang tak lain adalah istri salah satu sahabat yang bernama Shafwan Bin Mu’aththal. Wanita itu mengadu kepada beliau, “Wahai Rasulullah, suamiku, menepukku ketika aku sedang shalat, memaksaku berbuka ketika aku sedang berpuasa dan ia sendiri tidak melaksanakan shalat Subuh hingga matahari terbit.”

Untungnya, ketika itu Safwan ada di samping Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam dan beliau menanyakan kebenaran pengaduan istrinya. Shafwan menjawab, “Benar Rasulullah, aku menepuknya ketika ia sedang shalat, karena ia membaca dua surah.”

Mendengar hal itu beliau bersabda, “Seandainya hanya satu surah pun, hal itu cukup bagi kamu untuk melarangnya.”

Shafwan berkata lagi, “Tentang pengaduannya bahwa aku memaksanya berbuka puasa juga benar. Karena ia tetap berpuasa, sementara aku adalah laki-laki yang masih muda dan tidak bisa bersabar.”

Mendengar hal itu, beliau bersabda lagi, “Seorang perempuan hanya boleh berpuasa bila mendapat izin dari suaminya.”

Shafwan bicara lagi, “Mengenai pengaduannya bahwa aku tidak melaksanakan shalat Subuh hingga marahari terbit benar, karena kami sering kali bangun setelah matahari terbit.”

Mendengar penjelasan yang ketiga itu Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Apabila bangun tidur, shalatlah seketika itu juga, wahai Shafwan.”

Keluhan istri Safwan menjadi pelajaran bahwa ada aturan tertentu bagi istri atas suami dan sebaliknya. Dengan memahami hukum nya pasangan dapat menjalani kehidupan rumah tangganya dengan benar. []

Sumber: 100 Muslimah Super Stories/ Penerbit: Abdillah F. Hasan

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline