Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Rasulullah: Alhamdulillah Itu Memiliki Dua Mata dan Dua Sayap

0 16

Makna Alhamdulillah itu adalah pujian kepada Allah SWT dengan keindahan yang disengaja berdasarkan pengagungan dan penghormatan.

Imam Khotib meriwayatkan, “Alhamdulillah itu terdiri dari 8 huruf, sedang pintu surga ada delapan. Siapa saja yang mengucapkan Alhamdulillah maka akan dibukakan baginya delapan pintu surga itu.”

BACA JUGA: Siapa yang Menyediakan Kebutuhanmu, Hai Hamba Allah?

“Suatu hari Nabi Musa AS berkata, ‘Wahai Tuhanku, kapan aku dapat mencapai puji-Mu dan syukur-Mu, sedangkan pujianku dan syukurku adalah nikmat dari-Mu kepadaku?’

Kemudian Allah berfirman kepada Nabi Musa, ‘Kapan saja engkau mengakui bahwa engkau tidak mampu memuji-Ku, maka sungguh engkau telah memuji-Ku,.”

Dari Anas RA, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Seandainya dunia seluruhnya dengan semua sisinya berada pada tangan seorang laki-laki dari umatku, kemudian ia mengucapkan Alhamdulillah, maka niscaya Alhamdulillah itu lebih utama dari semua itu. (HR Ibnu ‘Asakir)

Dalam hadis lain, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa saja yang mengucapkan Subhanallah (Maha Suci Allah) maka dituliskan untuknya pahala 10 kebaikan. Siapa saja yang mengucapkan Laa Ilaha illallah (tidak ada Tuhan selain Allah) maka dituliskan baginya pahala 20 kebaikan. Dan siapa saja yang mengucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah) maka dituliskan untuknya pahala 30 kebaikan. (HR Ahmad).

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan umatnya untuk memperbanyak membaca Alhamdulillah.

BACA JUGA: Rasulullah Menceritakan Mereka yang Beramal Namun Sia-Sia

Sebagaimana hadis riwayat Imam Dailami dari Ibnu Umar, Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Perbanyaklah oleh kalian membaca Alhamdulillah karena sesungguhnya Alhamdulillah itu memiliki dua mata dan dua sayap, yang terus membaca salawat di dalam surga dan memohon ampunan untuk pembacanya sampai hari kiamat.”

Wallahu a’lam []

Sumber: Kitab Qurrotul ‘Uyun (penyejuk mata)/Karya: Syeikh Muhammad At-Tihamiy

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline