Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Rahasia Lelaki Ahli Surga

أُولَٰئِكَ لَهُمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهِمُ الْأَنْهَارُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِنْ سُنْدُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُتَّكِئِينَ فِيهَا عَلَى الْأَرَائِكِ ۚ نِعْمَ الثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا

Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah. (Al-Kahfi : 31)

Setiap orang pasti menginginkan masuk surga. Seperti pada ayat di atas, bahwa surga adalah tempat yang indah yang di dalamnya penuh dengan kesenangan-kesenangan dan nikmat dari Allah subhanaahu wa ta’ala, ini berbeda dengan neraka yang digambarkan sebagai tempat yang mengerikan. Orang beriman ataupun tidak beriman semua ingin masuk surga, tapi jelas tidak semua orang bisa masuk surga hanya hamba pilihan yang Allah berikan keridhoan untuk masuk surga. Lantas orang seperti apa yang Allah ridhoi untuk masuk surga? jelas orang beriman, tapi ini ada sepenggal kisah seorang laki-laki ahli surga pada masa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Suatu ketika, disaat Rasulullah melakukan pertemuan dengan para sahabat seperti yang biasanya dilakukan untuk membahas beberapa persoalan, tiba-tiba Nabi SAW berkata, “Sebentar lagi akan lewat di depan kalian, seorang lelaki Ahli Surga”

Tak lama kemudian lewat seorang lelaki Anshar yang jenggotnya masih basah oleh air wudlu sambil menenteng sandalnya.

Esok harinya ketika dalam perkumpulan dengan para sahabat, Rasullullah SAW mengatakan hal yang sama dan kemudian lewatlah lelaki tersebut. Begitupun pada hari ketiganya, kejadian yang sama berulang, Nabi menyabdakan, dan lelaki itu yang lewat.

Setelah Nabi SAW beranjak pergi, Abdullah bin Umar RA mengikuti lelaki tersebut. dan bersiasat untuk bisa mengetahui amalannya sehingga Nabi SAW menyebutnya Ahli Surga hingga tiga hari berturut-turut.

Abdullah bin Umar melakukan siasatnya untuk mengetahui laki-laki tersebut dengan cara bertamu pada lelaki tersebut dan berkata, “Aku telah membuat ayahku marah, dan aku bersumpah untuk tidak menemuinya selama tiga hari. Jika engkau membolehkan, aku ingin tinggal bersamamu dalam tiga hari ini kemanapun engkau pergi, aku akan mengikutimu.”

Lelaki Anshar tersebut tidak keberatan dengan permintaannya, maka tinggallah Ibnu Umar di rumah lelaki tersebut selama tiga hari. Anehnya ia tidak melihat lelaki itu melakukan shalat malam, kecuali jika ia berpindah dari suatu tempat atau dari tempat tidurnya, ia selalu menyebut asma Allah, hingga bangun menjelang waktu shalat subuh. Memang tidak ada yang keluar dari mulutnya kecuali ucapan yang baik.

Sampai berakhirnya tiga hari, Abdullah bin Umar tidak juga menemukan jawabannya mengenai sahabat ahli surga tersebut. Rasa penasarannya bukan berarti harus pupus tetapi ia gunakan cara lain yaitu dengan kejujurannya. Ibnu Umar berkata kepadanya, “Wahai Hamba Allah, sesungguhnya aku tidak punya masalah dengan ayahku, Umar, dan tidak pula ia mengusirku. Tetapi aku mendengar Rasullullah SAW bersabda dalam tiga hari ‘Akan lewat di depan kalian seorang ahli surga’ dan engkau yang muncul dalam tiga hari itu. Karenanya aku ingin melihat amalan apa yang engkau lakukan sehingga engkau mencapai derajat yang disabdakan Nabi SAW tersebut.”

Lelaki Anshar itu berkata, “Tidak ada yang istimewa, hanya saja aku tidak pernah memendam perasaan jelek. Setiap hendak tidur aku sanantiasa memaafkan semua kesalahan orang lain kepadaku.”

“Rupanya, itulah kebaikan yang mengantarkanmu menjadi ahli surga,” ucap Abdullah bin Umar. []

Kisah Sahabat Nabi/ Ad-dzikr Studio

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline