Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Rahasia Do’a Nabi Zakaria

Usia Nabi Zakaria sudah 100 tahun, namun ia belum juga memiliki anak karena istrinya sejak muda belum pernah melahirkan anak. Allah SWT berfirman dalam  surat Maryam ayat 4-6:

Ia berkata “Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, ya Tuhanku. Sesungguhnya aku khawatir terhadap penggantiku sepeninggalku, sedangkan isteriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi-Mu seorang putra, yang akan mewarisiku dan mewarisi sebagian keluarga Ya’qub; dan jadikanlah ia, wahai Tuhanku, seorang yang diridhai.”

BACA JUGA: Khasiat Puasa yang Dirasakan oleh Nabi Zakaria dan Nabi Ibrahim

Akhirnya, Nabi Zakaria a.s memohon kepada Allah SWT agar diberi seorang anak yang akan melanjutkan keturunan dan ajarannya.

Adapula dalam suatu kisah disebutkan, bahwa Nabi Zakaria serta dengan ketekunan dan ketelatenannya terus berdoa kepada Allah, “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.”

Doa yang dipanjatkan Zakaria di atas mengisyaratkan sebuah rayuan kepada Allah dengan ungkapan “Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.”

BACA JUGA: Kisah Maryam Binti Imran Hingga Diasuh oleh Nabi Zakaria

Begitulah doa Nabi Zakaria yang akhirnya dikabulkan Allah. Maka, Allah mengutus Malaikat Jibril untuk menemui Nabi Zakaria dengan menggembirakan hati Nabi Zakaria karena isterinya akan melahirkan puteranya yang kemudian diberi nama Yahya, yang membenarkan kalimat Allah, menjadi suri teladan, menahan diri dari pengaruh nafsu, dan dia merupakan seorang nabiyullah dari keturunan orang-orang saleh. Begitulah jika Allah Berkehendak, maka apapun yang dikehendaki-Nya pasti terjadi.

Wallahu a’lam []

Perdebatan Langit Dan Bumi/Karya: Wawan Susetya/Penerbit: Republika/2005

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline