Picture: Freepik

Pohon pun Merunduk dan Mencium Bumi, Buktikan Bahwa Muhammad Adalah Rasul

Dikisahkan oleh lbn Umar r.a. bahwa suatu ketika dalam sebuah perjalanan, Rasulullah Saw. bertemu dengan beberapa orang pedalaman dan beliau mengajak mereka memeluk Islam.

Rasulullah Saw. berkata, “Aku akan memperlihatkan sesuatu kepada siapa pun yang masih bimbang. Ini adalah pohon, aku akan bicara kepadanya dan meminta sesuatu darinya.”

Lalu, tiba-tiba pohon di hadapan Rasulullah itu merunduk dan mencium bumi, kemudian tegak kembali seperti semula. Menyaksikan peristiwa itu, orang-orang pedalaman itu langsung mengucapkan syahadat tiga kali, “Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa engkau adalah utusan Allah.”

Buraidah Al-Aslami menuturkan bahwa seorang Arab Badui memohon kepada Rasulullah Saw. untuk memperlihatkan mukjizat dengan memanggil sebatang pohon dan beliau menyanggupinya. Maka, tidak lama kemudian datang sebatang pohon kurma dan berhenti di hadapan orang Badui tadi dan berkata, “Salam keselamatan atasmu, wahai utusan Allah.” Setelah itu, Rasulullah Saw. memerintahkan pohon itu kembali ke tempatnya.

Sungguh keajaiban ini merupakan mukjizat yang Allah Swt. berikan kepada Rasulullah Saw.

Keajaiban serupa juga pernah terjadi. Suatu hari Rasulullah Saw. memanggil pohon kurma untuk mendengarkan khutbahnya. Ketika Rasulullah naik mimbar dan mulai berbicara, pohon kurma itu bersedih dan menangis tersedu-sedu. Orang-orang di sekelilingnya mendengar tangisannya sehingga mereka pun ikut menangis tersedu-sedu. Lalu, Rasulullah Saw. memanggil pohon itu. la pun datang dan bersujud ke bumi, lalu kembali lagi ke tempatnya.

Inilah mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad Saw. mukjizat yang Allah berikan kepada Rasulullah Saw. berbeda dengan Nabi-nabi yang lainnya. Yaitu bahwa mukjizat Rasulullah bisa digunakan berulang-ulang sedangkan nabi yang lain hanya digunakan satu kali.

Walláhu’alam. []

Sumber: 115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah Saw/ Fuad Abdurahman/Naura Book/ Jakarta, 2015

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Do’a yang Membuat Musuh Terkapar

Amr bin Abu as-Saraya pernah bercerita bahwa ia pernah ikut bertempur di wilayah Romawi. la berjuang dengan mengerahkan segenap kemampuannya melawan kaum kafir.

you're currently offline