Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Petunjuk Jalan yang Benar

Dalam perjalanan hijrah ke Yatsrib, Abu Bakar bertemu dengan banyak orang di antara mereka ada yang sudah mengenal Abu Bakar, karena telah berkali-kali melewati tempat itu dalam rangka perjalanan dagang.

Seseorang bertanya kepada Abu Bakar, “Siapa orang yang bersamamu ini?” tanyanya sambil menunjuk Rasulullah.
Abu Bakar menjawab, “Dia adalah orang yang akan menunjukkan jalan kepadaku.”

Laki-laki tersebut mengira yang dimaksudkan Abu Bakar adalah penunjuk jalan yang akan dilewati. Padahal yang dimaksudkan Abu Bakar adalah penunjuk jalan kebenaran untuk menuju surga. Hal ini dilakukan Abu Bakar untuk melindungi identitas Nabi.

Read More

Dua Orang Utusan yang Datang kepada Rasulullah

Sebelumnya Rasulullah telah memerintahkan kepada Abu Bakar agar menyembunyikan identitas beliau.

Oleh karena itu apabila ada orang yang belum mengenalnya bertanya, “Siapa engkau?” Abu Bakar akan menjawab, “Aku adalah orang yang tersesat.”

Namun, apabila ada orang yang bertanya kepada Abu Bakar tentang orang yang bersamanya , Abu Bakar akan menjawab, “Dia adalah orang yang akan menunjukkanku jalan.”

Sumber: The Golden Story of Abu Bakar Ash-Shiddiq/ penulis: DR. Ahmad Hatta, MA/ Penerbit: Maghfirah Pustaka/ April 2014

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline