Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Pesan Abu Salamah, Dahsyatnya Kekuatan Islam

Bani Asad Bin Khuzaimah dianggap sebagai pihak pertama yang mulai menampakkan permusuhan kepada kaum muslimin setelah perang Uhud. Berbagai sumber menyebutkan bahwa Thalhah Bin Khuwailid dan saudaranya, Salamah Bin Khuwailid, berangkat dengan pasukan kaumnya yang terdiri dari betbagai kabilah.

Mereka menyeru Bani Asad Bin Khuzaimah untuk menyerang Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam dan para sahabat. Melihat gelagat permusuhan dari pihak Bani Asad, beliau langsung menyiapkan Sariyyah yang terdiri dari seratus lima puluh prajurit dari golongan Muhajirin dan Ansar.

Sariyyah ini dipimpin langsung oleh Abu Salamah setelah ditunjuk oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam Bani Asad yang masih terlihat santai di perkampungan mereka, terkejut melihat kedatangan Sariyyah Abu Salamah yang siap menyerang mereka.

Bani Asad pun lari terbirit-birit menyelamatkan diri mereka. Dengan begitu, kaum muslimin dapat menguasai harta benda mereka, seperti unta, kambing dan yang lainnya. Setelah dikumpulkan harta ganimah, Sariyyah Abu Salamah bergerak pulang ke Madinah tanpa melakukan perang Sariyyah ini terjadi di awal bulan Muharram tahun empat Hijriah.

Abu Salamah kembali Madinah sementara ia masih mengeluhkan luka-luka akibat perang Uhud. Dan luka-lukanya itu belum sembuh benar kecuali yang tampak dari luar saja. Kondisinya terus seperti itu hingga ia meninggal dunia. Sariyyah yang dipimpin oleh Abu Salamah ini seolah-olah memberikan pesan kepada setiap pihak yang memusuhi Islam, bahwa Islam masih memiliki kekuatan dahsyat. []

Sumber: Sirah Nabawiyah For Kids: Muhammad Sang Teladan/Penulis: Abdul Mun’im al-Hasyimi

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline